Bingung ingin berakhir pekan nanti dimana? Tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk berwisata. Bogor bisa menjadi salah satu destinasi terbaikmu untuk berakhir pekan bersama keluarga ataupun kerabat. Selain terkenal sebagai kota hujan, Bogor dikenal sebagai salah satu kota yang menyimpan berbagai keindahan alam Indonesia yang patut untuk dikunjungi lho!

Bagi kamu yang ingin berwisata dengan budget yang pas-pasan, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa wisata gratis berikut ini yang layak untuk didatangi bersama dengan keluarga! Dijamin, 4 rekomendasi wisata gratis di Bogor ini tak kalah indah dibandingkan dengan tempat wisata lainnya deh!

Hutan CIFOR, wisata gratis di Bogor yang indah!

Hutan Cifor (Centre for International Forestry) menjadi salah satu spot menarik yang digandrungi para fotografer. Hutan ini berlokasi di kawasan Dermaga, Kabupaten Bogor, tidak jauh dari terminal Bubulak. Spot ini sebenarnya berupa areal hutan penelitian seluas kurang lebih 60 hektar milik Departemen Kehutanan. 

Layaknya hutan dengan kondisi areal yang diliputi ribuan pepohonan lebat, hutan ini berfungsi untuk penelitian. Ribuan pepohonan besar dan kerimbunan dedaunan yang terdapat dalam hutan ini, membentuk semacam atap atau canopy alam.

Tentu saja, untuk memasuki area ini, para traveler tidak dikenakan biaya alias gratis kecuali jika kamu berencana untuk  menginap atau mengambil gambar untuk kepentingan profesional ya!

Istana Bogor, wisata sejarah terbaik

Ingin melihat kediaman dari Presiden Jokowi? Tidak ada salahnya untuk kamu sesekali berkunjung ke Istana Bogor! 

Pada dasarnya, Istana Bogor rutin dibuka setiap ulang tahun Kota Bogor yaitu sekitar bulan Juli sampai dengan Agustus. Jika sedang dibuka, traveler bisa masuk dan berkeliling serta melihat betapa megahnya bangunan bersejarah ini.

Jika diperbolehkan masuk ke dalam kawasan istana, setiap akhir pekan kamu akan bertemu dengan para wisatawan lain yang biasa memberi makan rusa-rusa yang ada di istana ini, dari luar pagar. Jika hanya berkeliling di sekitar area istana, para wisatawan tidak akan dipungut biaya kok!

Taman Bermain Lapangan Sempur

Tahukah kamu jika kawasan Sempur dulunya dikenal sebagai gelanggang olahraganya orang Bogor? Meskipun begitu, kawasan ini sekarang sudah menjadi satu kawasan olahraga yang bersanding dengan rekreasi dan juga kuliner.

Di kawasan ini ada Taman Ekspresi dimana tempat ini sering diadakan kegiatan rutin pemutaran film-film karya sineas Indonesia. Selain itu, kamu juga dapat menemukan  tempat untuk bermain anak, panjat dinding, sampai skatepark untuk bermain skateboard. Untuk memasuki Taman ini, pengunjung pun tidak dipungut biaya alias gratis!

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung budaya Sindang Barang, wisata gratis di Bogor
Kampung Budaya / Mahesa83

Penasaran dengan budaya Sunda seperti apa? Kamu bisa datang ke Kampung Budaya Sindangbarang. Berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Bogor, kampung ini merupakan kampung tertua di Bogor lho!

Sindangbarang sejatinya adalah sebuah Kerajaan Sunda di abad ke-12 dimana kamu akan melihat berbagai pertunjukan bernuansa Sunda seperti tarian dan pertunjukan musik lainnya.

Selain itu, ada rumah tradisional Sunda Bogor yang terbuat dari kayu, beserta saung yang berfungsi sebagai lumbung padi. Untuk harga masuk ke kampung ini, kamu tidak akan dipungut biaya sama sekali kok! Dan jika berminat, kamu bisa datang di akhir pekan karena biasanya ada berbagai pertunjukkan yang sering diadakan di kampung ini juga!

Itulah 5 wisata gratis di Bogor saat ini yang bisa kamu jadikan referensi tambahan untuk menentukan tempat liburan bersama keluarga di akhir pekan. Untuk menemani perjalananmu bersama keluarga di akhir pekan nanti, tidak ada salahnya untuk mencoba Lapis Bogor Sangkuriang sebagai cemilan favorit untuk keluarga! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?