Museum Zoologi – Berwisata tidak harus melulu mengunjungi objek wisata alam, wahana, atau waterpark, kan? Sesekali mengunjungi museum yang berada di kota tersebut bukanlah hal buruk, justru malah menambah wawasan dan seperti membawamu time travel ke masa lampau.

Ada sebuah museum satwa lengkap yang bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan jika sedang berkunjung ke Bogor, namanya adalah Museum Zoologi.

Seperti apa isi dari Museum Zoologi? Simak ulasan kami mengenai museum tersebut di artikel berikut!

Museum Zoologi, museum yang teletak di kawasan Kebun Raya Bogor

museum zoologi

Museum ini adalah bagian dari Kebun Raya Bogor. Jadi ketika kamu berwisata ke Kebun Raya, bisa sekalian mampir ke Museum Zoologi.

Penyuka satwa akan senang apabila mengunjungi tempat ini, sebab berisi informasi mengenai satwa-satwa langka maupun satwa umum yang sering dilihat.

Yang menjadi daya tarik Museum Zoologi terletak di banyaknya koleksi fosil serta hewan yang diawetkan di tempat ini.

museum zoologi

Selain bisa mengagumi tulang-belulang serta satwa yang diawetkan, kamu bisa juga mendapat informasi yang banyak mengenai satwa-satwa tersebut untuk menambah wawasan. 

Museum Zoologi sendiri dibangun pada tahun 1894 yang idenya dicetuskan oleh J. C. Koningsbeger. Beliau adalah seorang botani yang berasal dari Jerman yang juga dikenal sebagai tokoh perintis pembangunan Kebun Raya Bogor.

Luas dari bangunan ini kira-kira lebih dari seribu meter dengan kurang lebih 7 ruangan yang bisa kamu eksplor untuk menambah wawasan terkait satwa. 

Koleksi satwa yang ada di Museum Zoologi

museum zoologi
Sumber: https://www.wisataidn.com/

Koningsbeger turut andil dalam mengisi koleksi dari museum ini. Beberapa satwa langka maupun satwa yang hanya dapat ditemukan di luar Indonesia dapat dipajang di Museum Zoologi berkat beliau. 

Ada kurang lebih 20.000 jenis fauna yang terdapat di Museum Zoologi, beberapa diantaranya seperti hewan jenis mamalia, reptil, moluska, krustasea, serta antropoda.

Hewan buas, hewan laut, juga serangga dapat dengan mudah kamu temukan koleksinya di museum ini. Pokoknya, hampir semua yang ingin kamu lihat ada di disini.

Beberapa koleksi yang terkenal di Museum Zoologi adalah fosil paus biru yang panjangnya 27 meter dengan berat mencapai 116 ton. Konon, membawa tulang dari hewan ini membutuhkan waktu 2 bulan untuk terkumpul menjadi satu di Museum Zoologi.

Ada pula koleksi hewan-hewan yang diawetkan seperti badan, buaya, gajah, kelelawar, kadal raksasa, burung, kepala mamalia, serangga, hewan laut lain, dan sebagainya.

Jam operasional, alamat, dan tiket masuk

Museum Zoologi buka dari jam 07.30 pagi hingga 16.00 sore. Untuk harga tiketnya, kamu hanya perlu Rp14.000 untuk pengunjung domestik dan Rp25.000 untuk pengunjung mancanegara. 

Alamatnya terletak di Jalan I. Ir. H. Djuanda nomor 9, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Habis berkunjung ke Museum Zoologi Bogor, mampir ke outlet Lapis Bogor Sangkuriang, yuk! Oleh-oleh hits dari Bogor ini wajib banget kamu bawa pulang untuk dibagikan ke orang-orang terdekat ataupun kamu nikmatin sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat