Jalan-jalan ke Bogor jangan cuma mampir buat wisata kuliner, ke objek wisata alam atau objek wisata wahana. Ada juga objek wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi untuk memperdalam pengetahuan sejarah Indonesia, salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Perjuangan Bogor.

Seperti apa sejarah dibalik berdirinya Museum Perjuangan Bogor? Apa saja koleksi sejarah yang ada di dalamnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Sejarah dibangunnya Museum Perjuangan Bogor

museum perjuangan bogor
Sumber: https://wartakotatravel.tribunnews.com/

Sejak pertama kali dibangun, bangunan ini dulunya milik Wilhelm Sustaff Wissner yang digunakan sebagai gudang barang miliknya sejak tahun 1879.

Tidak berhenti di tangan Wilhelm Sustaff Wissner, bangunan ini sempat beberapa kali berpindah kepemilikan, bahkan pernah pula dijadikan sebagai kantor perusahaan juga kantor Partai Indonesia Raya (Parindra) cabang Bogor.

Namun setelah kedatangan militer Jepang di Indonesia pada 9 Maret 1942, gedung ini kemudian digunakan sebagai gedung penyimpanan. 

Seiring berjalannya waktu, bangunan ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul para laskar rakyat dan beberapa organisasi perjuangan lainnya sejak tahun 1945.

Bahkan beberapa tokoh ternama seperti Margonda, Kapten Muslihat, dan Mayor Oking seringkali mengadakan pertemuan di gedung ini.

museum perjuangan bogor

Sebelum akhirnya diresmikan menjadi gedung Museum Perjuangan Bogor, bangunan ini juga pernah dijadikan kantor pemerintah darurat kabupaten pada tahun 1949 dan Sekolah Rakjat (SR) pada tahun 1952.

Kemudian pada tanggal 26 Oktober 1957, para pejuang kemerdekaan Bogor beserta bupati Bogor saat itu, R. E Abdoellah, sepakat untuk menjadikan bangunan tersebut sebagai Museum Perjuangan Bogor.

Bangunan yang sempat berpindah kepemilikan dan fungsi dari waktu ke waktu itu pun diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1958.

Hingga tahun 1981, gedung Museum Perjuangan Bogor belum pernah mengalami renovasi sama sekali. Renovasi kemudian dilakukan pada tanggal 18 September 1981 karena kondisi bangunan yang sudah tidak memungkinkan dan dinyatakan rusak.

Koleksi sejarah yang ada di Museum Perjuangan Bogor

Renovasi Museum Perjuangan Bogor selesai dilakukan pada Juni 1987 yang kemudian menjadi momen penambahan koleksi pada museum, terutama dari masa revolusi fisik 1945. Pada kesempatan tersebut, pihak yayasan yang mengelola museum membentuk sebuah tim untuk membuat diorama.

Diorama yang bisa ditemukan di museum ini yaitu pertempuran di Maseng, pertempuran Kapten Muslihat pada 25 Desember 1954, pertempuran di Kota Paris, juga peristiwa Cemplang.

Koleksi-koleksi yang ada di Museum Perjuangan Bogor merupakan koleksi hibah dari para veteran pejuang yang dulu pernah memperjuangkan kemerdekaan.

Meskipun yang menghibahkan adalah para veteran pejuang, namun barang atau artefak tersebut perlu menjalani proses verifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah benda tersebut layak pajang atau tidak.

Pengelola museum perlu mengetahui informasi sejarah dan apa fungsi yang dimiliki oleh benda bersejarah tersebut.

museum perjuangan bogor

Koleksi yang bisa kamu temukan di museum ini terdiri dari berbagai macam senapan yang digunakan oleh para pejuang untuk melawan para penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan. Senapan yang digunakan merupakan hasil rampasan dari tentara Jepang dan Inggris.

Selain itu, ada pula koleksi mata uang serta diorama yang menggambarkan peristiwa pertempuran di Bogor dan daerah sekitarnya. Menariknya, Museum Perjuangan Bogor juga memiliki koleksi pakaian para pejuang yang beberapa diantaranya masih memiliki noda darah asli pada waktu itu.

Sedangkan di lantai dua terdapat teater yang dapat memutarkan film dokumenter tentang memperjuangkan kemerdekaan yang dapat diputarkan jika ada rombongan pengunjung yang datang.

Akses menuju museum

Untuk menuju ke Museum Perjuangan Bogor pun tidak sulit. Gedung bersejarah ini terletak di Jalan Merdeka nomor 56, yang mana tidak jauh dari Jembatan Merah juga Stasiun Bogor. Tiket masuknya juga sangat terjangkau, yakni Rp10.000 saja.

Itu dia ulasan mengenai sejarah terbentuknya dan apa saja yang bisa kamu temukan di Museum Perjuangan Bogor.

Bagaimana, tertarik melakukan perjalanan lorong waktu disana? Jika sudah puas berwisata, jangan lupa mampir untuk membeli oleh-oleh khas Bogor yakni Lapis Bogor Sangkuriang, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?