Kota Bogor nggak cuma punya wisata alam yang indah dan tempat makan yang menggoda. Kota Hujan ini juga punya wisata sejarah yang juga menggiurkan untuk dicoba. Kampung Budaya Sindang Barang, kampung budaya yang menjadi tempat wisata di Bogor.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati wisata yang nggak biasa. Kamu nggak cuma akan diajak melihat pemandangan alam yang indah atau mencicipi makanan Sunda yang bikin perut kenyang.

Di sini kamu juga akan diajak melihat jejak sejarah Kerajaan Sunda dan melestarikan budaya yang ada di masyarakat.

Menelusuri jejak sejarah di Kampung Budaya Sindang Barang

kampung sindang barang
Sumber: https://phinemo.com/
  • Situs purbakala peninggalan kerajaan Padjajaran

Ada 90 titik situs purbakala di Kampung Budaya Sindang Barang. 33 di antaranya adalah peninggalan Kerajaan Padjajaran. Kamu bisa melihat benda-benda peninggalan kerajaan yang berjaya di tanah Sunda ini. Ada batu menhir, dakon, tapak, dan lainnya.

  • Melihat dan menginap di rumah adat khas Sunda

Rumah adat selalu punya daya tariknya sendiri. Rumah-rumah adat ini adalah salah satu daya tarik di Kampung Budaya Sindang Barang. Rumah adat ini adalah objek yang paling wajib kamu datangi saat ke kampung budaya ini.

Di bagian depan kamu akan melihat Imah Gede, rumah besar yang digunakan untuk bermusyawarah. Di dalamnya ada tempat lumbung padi.

  • Pertunjukan seni dan budaya

Di Kampung Budaya Sindang Barang terdapat permainan dan pelatihan musik, tari serta permainan tradisional. Kamu bisa menonton pertunjukkan seni di sini. Kamu juga bisa ikut belajar bersama dan turut melestarikan budaya warisan ini.

Kegiatan lain yang bisa dicoba di Kampung Budaya Sindang Barang

Selain mengunjungi situs sejarah, kamu juga bisa menikmati wisata lainnya lho. Ada pijat tradisional yang bisa kamu coba biar nggak pegal-pegal. Ada juga fasilitas perpustakaan. Kamu bahkan bisa mencoba rafting di Sungai Ciberang. Tenang, ada instruktur profesional yang siap menemani kok.

Jam operasional dan harga tiket

Kampung Budaya Sindang Barang buka dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 17.00 sore. Kalau kamu mau, kamu juga bisa menghabiskan malam di sini kok.

Untuk memasuki area Kampung Budaya Sindang Barang, kamu hanya perlu membayar Rp25.000 aja. Kalau kamu mampir ke sini saat akhir pekan, kamu harus membayar sedikit mahal, yaitu Rp35.000.

Bisa sekalian menginap, lho!

kampung sindang barang

Hidup di perkotaan kadang bikin penat. Kamu pasti merasa bosan dengan pemandangan gedung-gedung tinggi dan udara yang keruh. Kamu dan keluarga bisa santai sejenak, beristirahat beberapa hari di kampung ini. Di sini kamu bisa menikmati suasana pedesaan Sunda yang menenangkan.

Penginapan di sini berbentuk seperti rumah adat. Kampung Budaya Sindang Barang menyediakan tujuh rumah penginapan seperti Rumah Panengen dan Pangiwa. Masing-masing rumah berisi dua kamar. Fasilitas yang didapatkan di sini juga cukup lengkap lho.

Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya makan lagi karena makanan disediakan oleh pihak penginapan. Selama menginap di sini, kamu akan disuguhkan semua hal yang berbau pedesaan Sunda, termasuk menu makanannya.

Tertarik kemari? Cek lokasinya!

Kampung Budaya Sindang Barang terletak nggak jauh dari Kota Bogor. Kampung budaya ini cuma berjarak 5 km dari kota. Tepatnya ada di Jalan Endang Sumawijaya RT 2, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari.

Mau naik angkutan umum? Bisa banget kok!

Akses menuju Kampung Budaya Sindang Barang sangat mudah. Banyak transportasi umum yang bisa kamu gunakan jika ingin ke tempat ini. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kalau tidak membawa kendaraan pribadi.

Jika kamu ingin ke Kampung Budaya Sindang Barang, kamu bisa menggunakan ojek daring atau angkutan umum 03 Ciapus jurusan SBR (Sindang Barang Raya). Kalau kamu mau membawa transportasi pribadi juga bisa. Di sini disediakan tempat parkir yang cukup luas dan aman.

Kampung Budaya Sindang Barang menarik banget kan buat dikunjungi? Pastikan kamu mencoba tempat wisata budaya ini ya. Kalau sedang ke sini, kamu wajib mencoba Lapis Bogor Sangkuriang untuk dijadikan oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?