Bosan dengan cemilan dari talas yang biasanya diolah jadi keripik? Mau cobain cemilan lain yang terbuat dari talas Bogor? Simak artikel berikut untuk dapetin ide cemilan olahan talas. Ternyata gak cuman nikmat diolah jadi keripik, talas Bogor juga nikmat diolah jadi aneka cemilan di bawah ini!

1. Lapis Bogor Sangkuriang

talas bogor

Lapis Bogor Sangkuriang menjadi pelopor buah tangan Lapis Talas yang “Pertama dan Terbesar” di Kota Bogor.

Dibuat dari bahan tepung talas berkualitas yang juga merupakan bagian penting dari masyarakat Bogor membuat lapis talas ini dengan mudah memikat hati karena cita rasanya yang kaya. 

Ada  varian rasa yang tersedia dan siap menggoyang lidah! Kamu bisa pilih varian rasa Original Keju, Original Extra Keju, Full Talas Keju, Brownies Keju, Coco Pandan Keju, Chocovila Keju, Pisang Cokelat Keju, Kopi Susu Keju, dan Talas Susu.

Varian yang lebih banyak dari yang lain ditambah dengan rasa yang kaya serta dengan harga yang terjangkau tentunya jadi daya tarik tersendiri kenapa Lapis Bogor Sangkuriang ini jadi pilihan utama buah tangan saat berkunjung ke Bogor.

Cukup dengan merogoh kocek mulai dari Rp 32.000 saja sudah bisa membawa 1 boks oleh-oleh favorit khas Bogor ini. Lembut dan manisnya gak bakalan bikin kantong tipis!

2. Es krim talas

talas bogor
Sumber: https://selerasa.com/

Kalau biasanya kamu sering menemukan es krim dengan varian rasa buah, siapa sangka talas juga bisa diolah menjadi es krim yang segar di kala cuaca yang terik? 

Es krim berbahan dasar talas Bogor tentu akan lebih sehat daripada es krim lain sebab mengandung serat di dalamnya.

Selain itu, warna ungu akan membuat tampilan es krim makin cantik dan menarik. Ditambah dengan topping seperti boba, sparkling candy, atau mini marshmallow, es krim talas dapat menjadi kudapan nikmat dan estetik!

3. Puding talas

talas bogor

Satu lagi dessert lezat yang bisa diolah dari talas Bogor, yakni puding talas! Umbi-umbian yang satu ini dapat disulap menjadi cemilan atau makanan pencuci mulut yang kaya akan serat dan protein.

Selain kaya akan serat, puding talas juga menyegarkan. Cocok untuk cemilan anak maupun makanan penutup saat acara di rumah. Dikreasikan dengan vla maupun topping lain juga boleh!

4. Talas goreng

Selanjutnya, talas goreng adalah rekomendasi olahan talas Bogor yang mudah dan cepat dibuatnya. Terbuat dari talas yang dilumuri adonan tepung, kamu bisa langsung menggorengnya hingga berubah warna keemasan. Talas goreng ini juga sering disebut sebagai uyen.

Teksturnya lembut dan rasanya gurih, talas goreng menjadi cemilan kegemaran banyak warga Bogor, lho.

5. Talas gula merah

Cemilan dari talas Bogor yang ini bisa kamu kreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Kamu bisa goreng talas terlebih dahulu kemudian membuat saus gula merah secara terpisah. Kalau keduanya sudah jadi, siram talas goreng dengan gula merah sesuai selera.

Rasa gurih dan renyah dari talas goreng yang dipadukan dengan manis yang khas dari gula merah akan tercampur di mulut yang membuat lidah bergoyang.

6. Stik talas

Stik talas bisa jadi opsi lain kalau kamu bosan dengan cemilan seperti keripik talas. Kalau mau buat sendiri pun caranya sangat mudah.

Cukup dengan memotong talas seukuran korek api, kemudian lumuri talas dengan bawah putih dan garam secukupnya. Lalu, kamu bisa langsung goreng stik talas hingga berubah warna keemasan dan memiliki tekstur yang renyah.

Rasanya gurih dan asin dari stik talas ini bisa jadi cemilan olahan rumahan yang bikin ketagihan. Kalau mau lebih bervariasi, kamu bisa lumuri stik talas dengan bubuk bumbu aneka rasa. 

7. Kolak talas

Kolak tidak hanya terbuat dari pisang, namun dikreasikan dengan potongan talas Bogor juga bisa.

Jenis umbi-umbian yang satu ini akan membuat hidangan kolak terasa lebih mengenyangkan dan juga menyehatkan karena kaya akan serat. Kolak juga jadi makin kaya akan rasa kalau dipadukan dengan potongan talas dan kolang-kaling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?