Setiap tahunnya, Bogor merayakan berbagai acara tahunan yang megah dan meriah. Dari sekian banyak festival, tiga deretan event di Bogor berikut adalah yang paling meriah dan ramai dipadati oleh pengunjung, baik warga Bogor asli maupun wisatawan. Lihat apa saja eventnya di bawah ini, yuk!

1. Bogor Street Festival Cap Go Meh

event di bogor
Sumber: https://travel.tribunnews.com/

Kamu pasti tidak mau melewatkan Bogor Street Festival. Event di Bogor ini diadakan untuk merayakan Cap Go Meh dan Imlek. Tidak heran jika festival ini selalu ada setiap tahunnya. Lokasinya berada di Pecinan Bogor atau daerah Jl. Surya Kencana hingga Jl. Siliwangi.

Festival ini juga menjadi ajang pemersatu beragam etnis di Bogor, lho. Tidak mengherankan bila konsep pada tahun 2020 adalah “Ajang Budaya Pemersatu Bangsa”.

Karena memiliki konsep pemersatu bangsa, Bogor Street Festival merupakan event di Bogor yang terbesar dan termegah. Dalam pelaksanaannya pun dihadiri tokoh penting seperti Menteri Pariwisata, Walikota, hingga berbagai pejabat lain. Festival ini tidak main-main besarnya dan yang terpenting, gratis!

Apa saja yang bisa kamu nikmati? Tentu saja pertunjukan barongsai dan liong yang mengagumkan! Selain itu ada juga pawai tarian daerah dan baju adat dari 34 provinsi se-Indonesia. Tidak ketinggalan drumband sebagai pembuka festival dari PUSDIKZI dan pembawaan Bendera Pusaka dari PPI Kota Bogor. 

Menariknya, tim barongsai-liong ini bukan hanya dari Bogor saja, tapi juga dari luar daerah seperti Sukabumi dan Cianjur. Siapa nih yang pernah ikut merasakan kemeriahan Bogor Street Festival CGM?

2. Festival Dongdang

event di bogor

Apabila event di Bogor yang sebelumnya dirayakan bertepatan dengan Imlek, event yang satu ini biasanya digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Warga Bogor mengadakan event ini sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. 

Dalam event ini, peserta beramai-ramai menggendong atau membopong hasil panen mereka yang berupa sayur-mayur, buah-buahan, padi, bahkan kerajinan warga lokal yang diletakkan di sebuah tandu dan dibentuk menjadi rumah-rumahan.

‘Dongdang’ sendiri memiliki arti ‘digendong’, sehingga masyarakat yang merayakan event di Bogor yang satu ini menggotong hasil bumi mereka untuk memeriahkan festival.

Menariknya, ada sebuah penilaian yang dilakukan oleh juri di festival ini. Jadi, setiap perwakilan Kabupaten Bogor akan berlomba-lomba menghias tandu rumah-rumahan mereka secantik, semenarik, dan sekreatif mungkin agar memperoleh nilai yang tinggi.

3. Istana untuk Rakyat

event di bogor

Hari jadi sebuah kota merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh warganya. Sebab, kemeriahan dan suasana HUT pasti dirasakan karena munculnya umbul-umbul, hiasan, atau atribut yang dipasang di berbagai tempat yang bisa dilihat sepanjang jalan.

Kota Bogor sendiri memiliki sebuah event tahunan yang tidak pernah dilewatkan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kota Bogor sejak tahun 2002. Salah satu rangkaian dari hari jadi Kota Bogor yaitu dirayakannya sebuah event yang tahunan yang bernama Istana Untuk Rakyat.

Dalam acara ini, Pemerintah Kota Bogor dan Istana Kepresidenan Bogor mengadakan open house dimana istana dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Tujuan dari dilakukannya event di Bogor ini yaitu agar masyarakat dapat mengetahui sejarah serta bagian-bagian istana yang menjadi tempat kediaman Presiden. 

Event di Bogor ini tidak memungut biaya sepeserpun, lho! Kamu bisa mengajak teman-teman, bahkan yang dari luar kota sekalipun, untuk berkunjung pada open house Istana Kepresidenan Bogor.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftarkan diri di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor melalui daring.

Nah, itu dia 3 event di Bogor yang paling meriah dan digelar setiap setahun sekali. Bukan hanya warga Bogor saja yang boleh datang dan memeriahkan, kamu yang dari luar kota pun bisa ikut menikmati, lho!

Bila berkunjung, jangan lupa mampir di store Lapis Bogor Sangkuriang sebagai buah tangan yang dibawa pulang, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?