Salah satu alat transportasi umum yang bisa digunakan jika akan pergi ke Bogor adalah kereta api. Begitu juga dengan transportasi umum yang bisa kamu gunakan dari Bogor ke kota asalmu.

Kereta api jadi pilihan favorit banyak orang karena tidak memakan waktu perjalanan selama bus atau mobil pribadi. Harga yang perlu dikeluarkan tidak sebanyak jika kita menggunakan alat transportasi pesawat.

Di Bogor, ada 7 stasiun yang sampai saat ini masih aktif beroperasi. Kamu perlu menyimak ketujuh stasiun ini biar nggak salah mana stasiun yang akan jadi tempat keberangkatan dan kedatangan kamu. Yuk, kita simak 7 stasiun di Bogor ini!

Stasiun KA Bojong Gede (BJD)

Stasiun di Bogor
Sumber: Katadata

Stasiun di Bogor yang satu ini adalah salah satu stasiun tersibuk di Bogor. Apalagi pada waktu berangkat dan pulang kantor. Beuh, penuh banget! Stasiun yang berada di Jalan Pasar Baru ini hanya melayani KRL Commuter Line. Stasiun Kereta Api Bojong Gede tidak melayani rute kereta lainnya.

Stasiun KA Citayam (CTA)

Stasiun di Bogor
Sumber: Rumah.com

Stasiun Kereta Api Citayam, stasiun di Bogor ini adalah stasiun perbatasan antara Bogor dan Depok. Stasiun Kereta Api Citayam adalah stasiun di ujung paling Utara Bogor dan ujung Selatan Depok. Lokasi stasiun ini berseberangan dengan Pasar Citayam. Stasiun ini bukan hanya melayani kereta api biasa, tapi juga melayani KRL Commuter Line.

Stasiun Batutulis (BTT)

Stasiun di Bogor
Sumber: Radar Bogor

Stasiun di Bogor yang satu ini bukan stasiun besar. Kalau kamu melakukan perjalan dari luar kota, kemungkinan besar kamu tidak akan berhenti di stasiun ini. Stasiun Batutulis berada di Jalan R. Saleh Danasasmita. Kereta api yang beroperasi di stasiun ini adalah Kereta Api Pangrango. Kebanyakan, rute kereta api yang melintas adalah kereta api tujuan Sukabumi.

Stasiun Cigombong (GB)

Sumber: Metropolitan

Stasiun Cigombong adalah stasiun kecil yang ada di Bogor. Stasiun di Bogor ini termasuk dalam kategori III atau stasiun kecil. Hanya ada dua jalur yang melintas di stasiun ini. Rute kereta api ini adalah rute Sukabumi – Bogor Paledang dan juga sebaliknya. Kereta api yang beroperasi hanya Kereta Api Pangrango.

Stasiun Maseng (MSG)

Sumber: Akuiniobenk

Sama seperti dua stasiun sebelumnya, stasiun di Bogor yang satu ini juga tergolong sebagai stasiun kecil.  Stasiun Maseng berada di Warung menteng, Cijeruk. Stasiun melayani satu rute perjalanan kereta api. Rute tersebut adalah rute Bogor – Sukabumi dengan Kereta Api Pangrango.

Stasiun Parung Panjang (PRP)

Sumber: HargaTiket

Stasiun Parung Panjang ada di Jalan Sayuti 2. Stasiun di Bogor ini melayani banyak rute perjalanan dari banyak jenis kereta. Stasiun Parung Panjang adalah salah satu stasiun besar di Bogor. Stasiun ini juga melayani jalur lingkar luar Jakarta. Kalau kamu berasal dari area luar Jakarta, kemungkinan kamu akan naik kereta api rute ini di Stasiun Parung Panjang.

Stasiun Bogor (BOO)

Sumber: TiketKAI

Stasiun di Bogor yang terakhir adalah stasiun terbesar di Kota Hujan. Stasiun Bogor atau yang biasa diberi kode BOO ini stasiun tua yang masih aktif beroperasi sampai saat ini. Stasiun ini sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Dulu, Stasiun Bogor dikenal dengan nama Station Buitenzorg. Stasiun Bogor berada di Jalan Nyi Raja Permas 1.

Kalau kamu berangkat atau datang di Stasiun Bogor, kamu bisa mampir ke store Lapis Bogor Sangkuriang yang ada di area stasiun. Store Lapis Bogor Sangkuriang buka dari jam 6 pagi sampai 10 malam. Kamu bisa membawa kue Lapis Bogor Sangkuriang untuk menemani perjalanan selama di Bogor atau menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kota asal kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?