Berbicara tentang Bogor, yang terbesit pertama kali mungkin adalah suhu udara yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Itulah yang menjadikan Kota Hujan memiliki banyak tempat camping di Bogor yang seru untuk dijadikan kawasan untuk berkemah. Beberapa diantaranya akan kami rangkum pada artikel berikut sebagai opsi camping ground untuk kamu yang ingin menghabiskan long weekend di alam.

1. Kampoeng Awan

tempat camping di bogor
Sumber: blog.airyrooms.com

Tempat camping di Bogor yang satu ini berlokasi di Desa Megamendung, bisa diakses melalui Tol Ciawi – Bogor sekitar 45 menit. Kampung Awan memiliki hutan pinus dengan luas 30 hektar, dan camping ground yang bisa disewa dengan luas 3,5 hektar.

Selain hutan pinus, tempat ini juga memiliki sungai dan air terjun. Camping di Kampoeng Awan tentu membawa keseruan tersendiri bagi kamu yang suka bertualang di alam. Tersedia pula jogging track, kolam renang buatan, dan area api unggun.

Saat malam hari, tempat camping di Bogor ini dihiasi dengan lampu-lampu yang mempercantik kawasan camping ground. Dari atas sini kamu juga bisa menikmati hamparan langit malam yang cantik, tidak heran jika lokasinya diberi nama Kampoeng Awan.

2. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Jika kamu menyukai aktifitas luar ruangan di alam terbuka yang menantang adrenalin, Bumi Perkemahan Mandalawangi bisa menjadi tempat camping di Bogor yang seru buatmu. Selain camping ground, tempat ini memiliki fasilitas outbound yang bisa dicoba seperti flying fox, lintas danau, lintas tali, perahu dayung, spider net, hingga paintball.  

Untuk berkemah di Bumi Perkemahan Mandalawangi, kamu perlu membayar Rp27.500 saja. Sedangkan jika hanya ingin berjalan-jalan, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp13.500. Lokasinya yang asri dan bersih membuat tempat ini begitu sejuk dan nyaman untuk camping!

3. Wisata Citamiang

tempat camping di bogor
Sumber: Traveloka

Tampat camping di Bogor ini berlokasi sekitar 400 meter sebelum gerbang wisata Gunung Mas. Suhu udara di tempat ini bisa mencapai 25 derajat hingga 17 derajat Celcius, karena berdekatan dengan perkebunan teh juga dikelilingi dengan hutan pinus.

Biaya berkemah disini cukup murah, lho, yakni hanya Rp2.500/malam saja! Tersedia beberapa fasilitas seperti musholla, padepokan, toilet, hingga jalur tracking.

4. Gunung Pancar

Gunung Pancar menjadi salah satu ikon wisata Bogor yang sering dikunjungi wisatawan. Dipenuhi dengan ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi, pengunjung yang datang disuguhkan dengan pemandangan sekaligus kesejukan alam di Gunung Pancar.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas outbound yang tersedia setiap hari, bahkan dapat membangun tenda untuk camping. Kamu yang memiliki jiwa-jiwa petualang mungkin akan menyukai tempat ini. Disini juga banyak pengunjung yang melakukan aktivitas fisik seperti jogging, bersepeda, hingga berkuda.

Kamu tertarik? Silakan meluncur ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung Pancar dibuka setiap hari dengan tarif masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 untuk akhir pekan.

5. Mongolian Camp – Highland Resort

tempat camping di bogor
Sumber:
https://www.agoda.com/

Kamu mau merasakan camping dengan sensasi yang anti-mainstream saat berada di Bogor? Tenang, kamu bisa menemukan resort bergaya Indian Apache di Bogor yang bisa jadi pilihan menginap saat liburan.

Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan Highland Park Resort ini, namun tema Mongolian Camp yang ditawarkan oleh resort ini menjadi satu-satunya di Asia Tenggara.

Resort ini identik dengan jejeran tenda khas Mongolia yang menambah kesan estetika dan Instagenic. Tidak hanya Mongolian Camp dan Indian Apache, resort ini juga menawarkan tema lain yaitu gaya rumah pohon dan barak mewah, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?