Curug atau air terjun merupakan salah satu lokasi favorit bagi para wisatawan alam. Bogor sendiri terkenal dengan wisata alamnya yang satu ini karena terdapat banyak curug di Bogor dengan suguhan pemandangan alam yang indah juga air berwarna biru tosca yang jernih. 

Jika kamu tertarik untuk menjelajah dan menjajal curug di Bogor, artikel ini akan merangkum 7 air terjun yang ternyata merupakan hidden paradise di pelosok desa-desa Bogor.

1. Curug Bidadari

Curug di Bogor
Sumber: Investor Daily

Tahukah kamu bila sebelumnya curug ini bernama curug Bojongkoneng? Saat ini meskipun sudah dibangun waterpark di bawah curug Bidadari, kamu masih bisa menikmati nuansa alam yang kental di sekitar air terjun ini.

Curug ini kini dikelola oleh Sentul Paradise Park sehingga curug di Bogor yang satu ini cenderung lebih terawat dan memiliki lebih banyak fasilitas.

2. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Curug di Bogor ini cukup ‘mini’ namun menawarkan air sungai yang berwarna hijau toska. Asiknya, kamu bisa menceburkan diri dan berendam sambil mengamati bebatuan alami di sekeliling air terjun.

Waktu terbaik untuk mengunjungi curug ini adalah saat musim kemarau. Jalan cenderung becek dan arus cukup deras saat musim penghujan.

3. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung adalah salah satu curug yang eksotis karena kejernihan air dan dikelilingi oleh pepohonan rindang. Selain itu, Curug Cibaliung juga masih belum terjamah oleh para wisatawan luas sehingga bagi kamu yang tidak ingin pemandian air terjun yang ramai-ramai, maka Curug Cibaliung adalah jawabannya.

4. Curug Love

curug di Bogor
Sumber: TribunNews.com

Sebelum dikenal sebagai Curug Love, dulu air terjun ini bernama Curug Leuwi Cateng. Konon katanya, diberi nama “love” karena aliran arus air di curug ini berbentuk hati dikarenakan bebatuan yang terbelah di tengah.

Curug di Bogor ini memiliki warna air yang biru dan jernih, serta bebatuannya yang menyerupai Green Canyon menarik perhatian para pengunjung karena terlihat sangat indah. Untuk memasuki objek wisata ini, kamu perlu menyiapkan Rp10.000 untuk tiket masuk.

5. Curug Ciherang

Curug di Bogor yang selanjutnya merupakan salah satu yang terkenal dan sering dikunjungi warga lokal maupun wisatawan juga. Curug Ciherang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran air yang cukup deras. 

Selain curug dengan arus air yang berwarna biru bersih, ada beberapa spot menarik menarik juga di tempat ini, contohnya rumah pohon dan juga jembatan gantung.

Ada sebuah mitos yang beredar disini. Konon katanya, berkunjung ke Curug Ciherang akan mempercepat datangnya jodoh. Sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan kepercayaan itu untuk berbondong-bondong mendatangi curug ini. Kalau kamu, percaya tidak?

6. Curug Cikuluwung

Sumber:
https://travel.tribunnews.com

Curug di Bogor yang perlu kamu kunjungi selanjutnya adalah Curug Cikuluwung yang berlokasi di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan. Belum saja sampai pada titik pintu masuk curug, dari kejauhan saja sudah bisa terlihat binar-binar pantulan dari matahari yang menyinari air terjun tersebut. Bikin ingin cepat sampai!

Tidak hanya arus airnya saja yang deras, dinding bebatuan yang menghimpit curug ini juga menjadi daya pikat para pengunjung karena membawa kesan eksotis yang teramat cantik.

7. Curug Lontar

Satu lagi hidden paradise yang berupa curug di Bogor. Terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Leuwiliang, Curug Lontar memiliki ketinggian 30 meter dan memiliki arus air yang deras. Faktanya, air terjun ini sering dijadikan tenaga pembangkit listrik karena airnya yang deras, lho. 

Selain memiliki debit air yang tinggi, curug ini juga memiliki pemandangan yang sangat apik karena dikelilingi oleh pohon-pohon hijau yang rindang serta tumbuhan yang menjalar di sekeliling bebatuan air terjun. 

Meskipun memiliki keindahan yang begitu memikat, namun informasi mengenai Curug Lontar masih jarang terdengar di telinga masyarakat, sehingga tempat ini menjadi surga yang tersembunyi karena masih jarang dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?