Kopi tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Mulai dari kopi hitam pahit yang menjadi sahabat saat bekerja atau bersantai hingga beragam olahan kopi modern yang populer belakangan ini. Tidak jarang bila coffee shop mulai menjamur dan dipenuhi oleh ‘anak indie’ yang rela nongkrong berjam-jam demi segelas kopi.

Indonesia sendiri dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas premium, lho! Bahkan tidak jarang coffee shop luar negeri menggunakan biji asli dari Indonesia. Kini coffee shop sudah mulai beralih membudidayakan biji kopi asal negeri. Kalau kamu lagi di Bogor, maka kamu beruntung karena ternyata perkebunan kopi Bogor menyimpan kekayaan istimewa buat pecinta kopi, lho! Apa saja ya?

1. Kebun Kopi Cibulao, permata tersembunyi dengan kualitas pemium

perkebunan kopi bogor
Sumber:
https://gloob-online.com/kebun-kopi-bogor-jawa-barat/

Siapa sangka di balik naik turun dan terjalnya medan menuju Cibulao tersimpan perkebunan kopi yang luas dengan biji premium! Ya, biji kopi Cibulao telah memenangkan ajang kopi Kontes Kopi Spesialiti di Aceh dan mendapat predikat 1 dari 15 biji kopi premium Indonesia. Hanya saja karena kurangnya popularitas, harga kopi Cibulao lebih murah namun dengan rasa yang sama nendangnya!

Suasana di kebun kopi Cibulao sangat tentram dengan udara yang lebih dingin dari Bogor kebanyakan. Untuk masuk ke area ini, kamu bisa menghampiri Desa Cibulao dan mencari Jumpono sebagai penanggungjawab kelompok tani Cibulao.

2. Kebun Kopi Sukamakmur, cita rasa karamel dan cokelat ala pegunungan tinggi

perkebunan kopi bogor
Sumber: Viva

Kebun kopi Sukamakmur termasuk perkebunan kopi Bogor yang terkenal dengan rasa karamel dan cokelatnya yang mantap! Perkebunan kopi ini terletak di desa Sukawangi, tepatnya di lereng gunung Arca yang menyejukkan. Kopi Sukamakmur didominasi robusta yang tumbuh dengan model agrosistem yang unik sehingga menghasilkan citarasa yang unik pula! Siapa sangka bila jauh di pegunungan ini ternyata permintaan kopi Sukamakmur membludak hingga nasional, lho!

3. Perkebunan Kopi Tanjungsari, jagonya robusta dunia!

perkebunan kopi bogor
Sumber: Metropolitan.id

Jangan jauh-jauh membeli kopi luar negeri karena ternyata Indonesia memiliki penghasil salah satu kopi robusta terbaik di dunia. Tepatnya di Desa Tanjungsari, perkebunan kopi Bogor ini berada di ketinggian 680 meter di atas laut dan dikelilingi tebing yang curam. Namun saat kamu berada di puncak Gunung Lendong, lelahmu terbayarkan, kok! Indahnya pemandangan hutan dan Bogor dari kejauhan membuat kebun kopi Tanjungsari menawarkan suasana indah sambil minum kopi!

Jangan lupa sebelum menikmati kopi di perkebunan kopi di atas, mampirlah membeli Lapis Bogor Sangkuriang sebagai camilan manis yang menemani pahitnya kopi. Lembutnya lapis talas dengan topping gurih dan manis, perjalanan kopi kamu akan lebih lengkap dan berwarna. Sampai jumpa di petualangan kopi selanjutnya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?