Mendengar kata museum saja mungkin kamu sudah bosan! Ya, museum erat dikaitkan dengan suasana yang ‘kuno’ atau ‘jadul’. Tidak mengherankan bila terkadang anak sulit untuk diajak ke museum. Tapi buang jauh-jauh pikiran tersebut saat mengunjungi rekomendasi museum di Bogor ini!

Bogor terkenal dengan kekayaan hayati dan peran besar sebagai bekas Kerajaan Pajajaran. Begitu pula dengan beragam peristiwa bersejarah yang terjadi di Bogor. Kabar baiknya, semuanya dirangkum dengan cantik di museum yang pasti tidak boleh kamu lewatkan. Dijamin sekeluarga happy! Apa saja ya rekomendasinya?

1. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Sumber: Republika

Ini adalah museum di Bogor yang sedang trending setelah revitalisasi. Kamu bisa mengajak anak untuk mempelajari alam Indonesia seperti keragaman hayati dan tipe ekosistem yang ada di Indonesia. Yang seru, Munasain juga telah mengimplementasikan sistem interaktif dalam mempelajari pengetahuan di dalamnya, seperti menggunakan televisi dan layar sentuh. Dijamin keluarga nggak bakal bosan dan justru tertarik untuk mencari informasi lebih banyak.

Bagi kamu yang menggemari ilmu alam atau ingin berwisata sambil belajar, tidak ada salahnya mengunjungi Munasain yang buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Tiket masuknya sangat murah, hanya Rp2.000 saja, lho! Cocok bukan sebagai teman belajar dan bersantai di akhir pekan?

2. Museum Zoologi

Sumber: NativeIndonesia.com

Museum ini menjadi satu dengan Kebun Raya Bogor. Di dalamnya kamu bisa menyaksikan berbagai koleksi fauna purba, langka, maupun yang unik, lho! Cocok bila kamu atau sang buah hati merupakan penggemar hewan. Belajar biologi jadi tidak membosankan lagi, deh!

Museum Zoologi buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 setiap harinya. Tiketnya sudah menjadi satu dengan tiket masuk KRB, ya.

3. Museum Perjuangan

museum di bogor
Sumber:
http://www.87onlinenews.com/2015/08/museum-perjuangan-bogor-bukti-sejarah.html

Saat kita sekolah, setiap hari Senin kita selalu mengenang para pahlawan yang tidak gentar membela Tanah Air. Nah, kamu bisa mengajak keluarga dan buah hati untuk memaknai perjuangan mereka di Museum Perjuangan.

Di museum ini kamu akan menemukan koleksi benda-benda bersejarah dan cerita perjuangan para pahlawan. Tujuan berdirinya museum di Bogor ini adalah untuk mewariskan semangat dan jiwa perjuangan kepada generasi selanjutnya, khususnya para penerus bangsa.

Koleksi yang bisa kamu temui antara lain senapan para pejuang, hasil rampasan dari penjajah, hingga mata uang zaman VOC, lho! Yang bikin merinding, benda-benda ini memiliki noda darah asli dari para pemiliknya. Museum ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00.

4. Museum PETA

museum di bogor
Sumber: Tempat Wisata

Museum ini didirikan sebagai simbol penghargaan kepada PETA atau Pejuang Tanah Air atas jasanya mempertahankan negeri. Jangan khawatir jika takut membosankan, belajar sejarah menjadi lebih asyik dengan banyaknya diorama yang menceritakan proses terbentuknya PETA hingga kontribusinya dalam kemerdekaan Indonesia.

Museum di Bogor ini juga menampilkan beberapa relief, patung, perlengkapan perang, hingga meriam, lho! Bagi kamu yang suka main game battle royale pasti tertarik untuk melihat beragam senjata dalam bentuk aslinya. Museum PETA buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 di hari kerja dan 10.00 hingga 17.00 di akhir pekan.

5. Museum Tanah

museum di bogor
Sumber: Kelanaku.com

Apakah buah hati kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang bumi dan kekayaan tanah Indonesia? Ajaklah ke Museum Tanah yang memiliki beragam jenis tanah, batuan, hingga pasir yang tidak semua orang ketahui. Apalagi jika putra atau putri kamu bertekad untuk bekerja di bidang sipil atau pertambangan, rasanya saat yang tepat untuk memperkenalkan museum ini!

Kabar baiknya, museum ini gratis! Mampirlah pada hari Senin-Jum’at pukul 08.00 hingga 16.00.

6. Museum Kepresidenan Balai Kirti

Tahukah kamu bahwa di belakang Istana Bogor terdapat Museum Kepresidenan Balai Kirti? Di museum ini kamu bersama keluarga bisa mengamati perjalanan kepresidenan Indonesia dari masa ke masa. Museum ini tergolong canggih lho dibanding museum lain, dijamin kamu tidak akan bosan!

Museum buka pukul 09.00 – 15.00 pada Selasa hingga Jum’at dan 09.00 – 13.00 pada akhir pekan. Untuk mampir, ajukan permohonan melalui e-mail kepada pengelola terlebih dahulu, ya!

Nah itu dia rekomendasi berbagai museum di Bogor yang nggak bikin bosan. Capek jalan-jalan enaknya ngemil manis, seperti Lapis Bogor Sangkuriang yang legit tapi nggak bikin eneg.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?