Memelihara hewan peliharaan memang seru, ya! Mulai dari berlatih berempati kepada sesama makhluk hidup hingga mendapat teman baru yang dapat dipeluk. Kabar baiknya, memelihara hewan juga bagus untuk kebahagiaan dan kesehatan mental, lho! Tapi, jika kamu belum pernah memelihara hewan atau mendapat kesulitan saat pemeliharaan, kira-kira kamu bertanya ke siapa ya?

Bagi kamu yang tinggal di Bogor jangan khawatir. Ada 4 komunitas di Bogor yang bisa membantu kamu lebih menyayangi hewan peliharaanmu, lho! Ya, komunitas-komunitas ini bertujuan untuk saling berbagi informasi maupun mendukung sesama anggotanya yang menyukai hewan. Apa saja ya yang bisa kamu ikuti?

1. Komunitas Bogor Cat Lovers

Sumber: Facebook Komunitas Bogor Cat Lovers

Siapa di sini yang menyukai kucing? Ya, hewan berbulu dan menggemaskan ini adalah salah satu hewan peliharaan populer yang bisa kamu temui di mana saja. Tidak hanya kucing ras, kucing ‘kampung’ pun bisa menjadi peliharaan yang lucu, lho.

Nah ada komunitas di Bogor yang mendedikasikan waktunya untuk berdiskusi soal kucing yaitu Bogor Cat Lovers. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar tempat sterilisasi, dokter hewan terjangkau, hingga berbakti sosial di rumah kucing yang ada di Bogor, lho!

Kalau tertarik, silahkan join di Facebooknya yaitu Komunitas Bogor Cat Lovers (KBCL).

2. Komunitas Pecinta Luwak Bogor

komunitas di bogor
Sumber: Media Bogor

Jika dulu kamu mengenal luwak atau musang sebagai hewan liar pemakan ternak, sekarang mereka mulai diminati sebagai hewan peliharaan, lho! Siapa sangka jika hewan omnivora yang ukurannya lebih besar dari kucing ini bisa menjadi sangat jinak jika dirawat dengan baik. Komunitas Pecinta Luwak Bogor (KPLB) berusaha mengedukasi masyarakat tentang luwak yang baik dan bisa menjadi sahabat manusia. 

Tidak harus memiliki luwak, asalkan kamu tertarik dan ingin bersilaturahmi maka kamu bisa bergabung bersama KPLB.

3. Bogor Reptile Addicted

komunitas di bogor
Sumber:
https://bogor.tribunnews.com/2016/07/15/suka-koleksi-binatang-yuk-ke-mall-btm-ada-reptil-berukuran-besar-loh

Apa yang kamu pikirkan saat melihat iguana atau ular piton? Tentu mengerikan, ya! Tapi ternyata bagi sebagian orang, reptil adalah hewan menggemaskan sekaligus mengagumkan. Tidak heran bila anggota Bogor Reptile Addicted (BORA) sangat menggemari reptil sebagai hewan peliharaan.

Komunitas di Bogor yang satu ini memfasilitasi kamu yang tertarik untuk memelihara reptil tapi belum tahu harus dimulai dari mana. BORA juga rutin mengadakan edukasi tentang reptil yang tidak buas terhadap manusia dan kita bisa lebih bersikap bijak dalam menghadapi mereka.

4. Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia

komunitas di bogor
Sumber: Tribun Timur

Sugar glider memang sangat menggemaskan, ya! Mamalia yang satu ini belakangan tengah populer menjadi peliharaan beberapa kalangan. Selain memiliki perawakan yang imut, sugar glider juga tergolong mudah untuk dirawat asalkan memiliki ketelatenan yang baik.

Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) merupakan komunitas di Bogor yang menampung para pecinta sugar glider dan rutin melaksanakan kopi darat untuk berbagi informasi seputar sugar glider. Cocok bagi kamu yang ingin mencoba merawat hewan lucu ini!

komunitas di bogor
Sumber: Indonesia Expat

Itu dia daftar 4 komunitas di Bogor yang wajib kamu ikuti jika kamu pecinta hewan. Asiknya, kamu nggak merasa sendirian, lho! Kamu bisa berkumpul dan berkenalan dengan hewan peliharaan lainnya sembari bertukar pengetahuan. Tentunya, semakin manis jika kumpul-kumpulnya sambil mencicipi Lapis Bogor Sangkuriang, dong! Lembutnya talas dengan paduan topping yang gurih bisa mempererat persahabatan kamu. Yuk bergabung dengan komunitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?