Bogor merupakan kota yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga diberi julukan “Kota Hujan”. Udara di kota ini masih terasa sejuk karena berada di kawasan dataran tinggi pula. Namun, tahukah kamu udara sejuk ini juga berasal dari hutan kota yang bernama Kebun Raya Bogor?

Pada artikel kali ini, kami mengumpulkan sejumlah informasi mengenai Kebun Raya Bogor yang bisa dijadikan destinasi wisata alam yang berada di tengah-tengah kota Bogor. Apa saja yang bisa ditemui di hutan kota yang rindang dan terkenal indah itu?

Hamparan perkebunan megah di tengah kota

kebun raya bogor
Sumber:
https://www.alinea.id/serba-serbi/tanaman-langka-nan-cantik-mekar-di-kebun-raya-bogor-b1Xod9bT

Kebun Raya Bogor merupakan destinasi wisata yang menawarkan kesegaran alam dan berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Sekitar 15.000 tanaman asli Indonesia dan dunia ditanam di kebun yang memiliki luas 87 hektar ini.

Mulanya, Kebun Raya Bogor merupakan sebuah hutan atau taman buatan yang sudah ada pada zaman Kerajaan Sunda. Hutan ini ditujukan sebagai tempat untuk menanam benih-benih kayu yang langka serta menjaga kelestarian lingkungan.

Seiring berkembangnya Kebun Raya Bogor, tumbuhan-tumbuhan yang ditanam disini pun menjadi koleksi tanaman untuk keperluan penelitian. Tumbuhan yang ada disini bukan tumbuhan biasa yang sering kita lihat di pinggir jalan atau di sekitar tempat tinggal kita, melainkan tumbuhan-tumbuhan yang sudah melalui proses observasi mengenai layak atau tidaknya tumbuhan tersebut dibudidayakan di tempat ini.

kebun raya bogor
Sumber: Kompasiana.com

Kalau kamu ingin merasakan sensasi jalan-jalan ke hutan kota yang berada di Bogor, sempatkan untuk mampir ke Kebun Raya Bogor. Selain memiliki ribuan tanaman yang cantik yang menyegarkan pandangan, disini juga terdapat peninggalan-peninggalan jaman dulu dan taman-taman lain yang menarik perhatian.

Patung dan tugu peninggalan zaman dulu di Kebun Raya Bogor menjadi daya tarik wisatawan

kebun raya bogor
Sumber: Travel Kompas

Tidak hanya bisa menikmati keindahan tanaman-tanaman, kamu juga bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan mengenai sejarah di Kebun Raya Bogor. Terdapat segelintir monumen dan patung tugu yang dilengkapi dengan cerita sejarah. 

Kamu akan menemukan Monumen Lady Raffles yang dibuat untuk mengenang istri dari Jendral Gubernur Thomas Stamdord Raffles yang dahulu menempati Istana Bogor sebagai kediamannya. Beliau lah yang mencetuskan ingin membuat sebuah taman atau hutan buatan yang berada di halaman Istana Bogor yang kini menjadi Kebun Raya Bogor.

Selain itu, ada juga Prasasti Reindwardt yang didedikasikan untuk Georg Karl Reindwardt, sang pendiri Herbarium Bogoriense. Lalu kemudian ada Tugu Teijsman yang dikelilingi oleh panorama indah yakni pohon-pohon yang menjulang rindang dan hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Terdapat pula patung-patung lain seperti Patung Little Mermaid dan Patung Tangan Tuhan yang menghiasi Kebun Raya Bogor.

Taman-taman cantik di Kebun Raya Bogor: Mulai dari Taman Meksiko hingga Ecodome

Sumber: Wisatalah.com

Saking luasnya pekarangan Kebun Raya Bogor, pengunjung yang datang tidak hanya bisa menikmati hamparan rerumputan hijau serta tanaman-tanaman indah yang menghiasi seisi hutan kota ini, namun terdapat pula taman, laboratorium, dan museum yang bisa dikunjungi dalam satu tempat sekaligus!

Kebun Raya memiliki Griya Anggrek yang ditanami oleh ratusan spesies anggrek dari Indonesia maupun hibrid. Selain itu, ada juga Taman Meksiko yang berisi tanaman-tanaman khas dari gurun seperti kaktus, yucca, agave, dan tumbuhan sukulen lainnya.

Berada di Griya Anggrek dan Taman Meksiko yang berada di Kebun Raya seperti membawamu pada belahan dunia lain karena keduanya sangat indah dan menarik. Kalau berkunjung kemari, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan foto di tengah-tengah keindahan ini!

Tidak hanya itu, disini terdapat pula Laboratorium Treub yang bangunannya memiliki ciri khas bangunan kolonial Belanda. Nama laboratorium ini diambil dari seorang direktur Kebun Raya Bogor, Melchior Treub, yang dahulu mengabdi di tempat ini selama 30 tahun. Disinilah praktek penelitian fitokimia pertama kali dilakukan.

Sumber: Tribun Travel

Daya tarik wisatawan yang selanjutnya juga terletak pada Museum Zoologi dan Ecodome berbentuk kubah yang unik. Terdapat 2.000 spesies hewan yang diawetkan di museum Zoologi, termasuk rusa, badak, ular, hewan laut, juga kerangka tulang ikan paus. 

Wah, jalan-jalan di Kebun Raya Bogor bisa jadi paket komplit untuk berwisata, ya.

Lokasi dan jam operasional Kebun Raya Bogor

Sumber: Wisatago

Kebun Raya Bogor berlokasi tepat di tengah-tengah Kota Bogor yaitu di Jalan Ir. Haji Djuanda nomor 13. Untuk warga lokal, dikenakan biaya Rp15.000 saja untuk memasuki kawasan ini. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan Rp25.000/orang. Disini juga disewakan sepeda yang bisa kamu pancal sambil berkeliling di kawasan Kebun Raya. Cukup membayar Rp5.000 saja kamu sudah bisa berkeliling menggunakan sepeda di dalam kawasan ini.

Kebun Raya Bogor buka dari hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?