Menjelang datangnya akhir pekan, kamu pasti sedang mencari-cari destinasi wisata untuk melepas penat dari jeratan pekerjaan yang melelahkan. Bogor menjadi salah satu tujuan bagi masyarakat urban untuk melepaskan rasa lelah. Selain karena memiliki banyak wisata alam dan wisata kuliner, Bogor juga memiliki udara yang sejuk yang menambah quick escape vibes bertambah. Untuk kamu yang demen berkemah atau bermain outbound, pas banget nih karena ada hutan pinus Bogor yang menawarkan camping ground serta outbound area untuk mengisi waktu rehat sejenak di akhir pekan! Lihat list-nya di bawah ini, yuk!

1. Gunung Pancar

hutan pinus bogor
Sumber: Sanjaya Tour

Gunung Pancar menjadi salah satu ikon wisata Bogor yang sering dikunjungi wisatawan. Dipenuhi dengan ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi, pengunjung yang datang disuguhkan dengan pemandangan sekaligus kesejukan alam di Gunung Pancar.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas outbound yang tersedia setiap hari, bahkan dapat membangun tenda untuk camping! Kamu yang memiliki jiwa-jiwa petualang mungkin akan menyukai tempat ini. Disini juga banyak pengunjung yang melakukan aktivitas fisik seperti jogging, bersepeda, hingga berkuda.

Kalau kamu tidak tertarik dengan aktivitas outbound dan menjelajah alam, kamu bisa datang untuk menikmati suguhan alamnya saja. Beberapa pengunjung gemar melakukan photoshoot di kawasan ini.

Kamu tertarik? Silakan meluncur ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung Pancar dibuka setiap hari dengan tarif masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 untuk akhir pekan.

2. Loji Suaka Elang

hutan pinus bogor
Sumber: herstory.co.id

Hutan pinus Bogor yang selanjutnya berada di kawasan Suaka Elang Loji di Taman Nasional Halimun. Tempat ini berjarak tidak terlalu jauh dari Jakarta. Sehingga bagi warga Jakarta yang ingin menikmati sejuknya daerah dataran tinggi yang ditumbuhi pohon pinus, tempat ini bisa jadi rekomendasi!

Tak jauh berbeda dari Gunung Pancar, disini kamu juga diperbolehkan untuk camping dan memasang hammock untuk bersantai di antara pohon-pohon pinus yang menjulang.

Yang membuat hutan pinus Bogor ini unik adalah tidak hanya menyediakan camping ground bagi pengunjung, namun menawarkan wisata alam edukatif yang berbasis konservasi. Ya, terdapat Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ) yang membudidayakan satwa burung pemangsa yang gagah ini.

Elang-elang yang berada di suaka ini merupakan elang-elang yang ditemukan atau yang diserahkan warga kepada pengelola. Karena kondisinya yang hampir punah, pengelola Loji Suaka Elang pun ingin melakukan budidaya terhadap elang-elang yang masih tersisa di Bogor.

Ada tiga jenis kandang elang yang ada di tempat ini: Kandang Transit, Kandang Rehabilitasi, dan Kandang Display. Pengunjung hanya diperbolehkan melihat aktivitas raja langit ini melalui Kandang Display, sedangkan kedua kandang lainnya hanya diperbolehkan dikunjungi atas izin tertentu, contohnya seperti penelitian.

Bagaimana, kamu tertarik berkemah di tengah-tengah sejuknya hutan pinus sekaligus mendapat edukasi perihal penangkaran elang?

3. Catang Malang

hutan pinus bogor
Sumber:
https://jakarta.tribunnews.com/

Hutan pinus Bogor yang satu ini merupakan hidden gem karena masih jarang yang mengetahui lokasinya. Berlokasi di Desa Sukawangi dan Desa Warga Jaya, Catang Malang rupanya tidak hanya memiliki hutan pinus, namun juga hutan pohon jati yang menjadi bahan baku pembuatan meja dan kursi dengan kualitas yang bermutu.

Bagi kamu yang suka dengan pemandian air terjun, tempat ini memiliki berbagai curug yang bisa dijajal. Namanya Curug Cidulang, Ciherang 1 dan Ciherang 2.

Tempat yang dikelola oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan Bogor ini memiliki akses yang mudah dijangkau bagi para wisatawan. Bila dari Jakarta, bisa melewati Jonggol, Sentul, atau Citeureup. Bila dari BAndung, bisa lewat Hanjawar lalu ke arah Loji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat