Jalan-jalan ke kawasan Suryakencana sudah pasti tujuannya untuk memuaskan rasa lapar di perut. Di sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan beraneka ragam kuliner khas Bogor yang menggugah selera. Baru saja mau memasuki kawasan ini, aroma-aroma kuliner sudah menggoda indera penciuman dan membuat tak sabar ingin mencoba street food yang ada disini. Sebagai guide cemal-cemil kuliner Suryakencana Bogor, artikel ini merangkum kuliner apa saja yang patut kamu coba selagi berada di kawasan pecinan ini.

Kira-kira, apa saja kuliner Suryakencana Bogor yang patut kamu coba?

1. Martabak Encek Suryakencana

Pak Entjek sedang menyiapkan martabak manis langganan. Kuliner Suryakencana Bogor
Martabak Encek Bogor (Sumber: JalanJajanHemat)

Untuk kamu yang gemar dengan cemilan manis dan penggemar martabak manis garis keras, wajib banget nyobain Martabak Encek Suryakencana yang sudah melegenda kenikmatannya!

Proses pembuatannya yang masih terbilang tradisional menambah keunikan dari Martabak Encek. Adonan martabak dimasak masih dengan menggunakan arang, sehingga menciptakan rasa yang otentik dan khas. Meskipun memakan waktu yang lebih lama, namun rasa yang ditawarkan tidak main-main. 

2. Combro dan Misro Gang Aut

Beragam Combro dan Misro di Gang Aut. Kuliner Suryakencana Bogor
Combro Gang Aut (Sumber: Tribunnews)

Serupa namun tak sama, combro dan misro adalah kuliner Suryakencana Bogor yang juga terkenal karena memiliki rasa yang crunchy diluar namun lembut di dalam. Tidak hanya itu, filosofi namanya pun unik!

Sama-sama terbuat dari bahan dasar parutan singkong, combro dan misro ternyata memiliki cita rasa yang beda. Combro sendiri berasal dari kalimat “oncom di jero” yang berarti “oncom di dalam”. Rasa pedas gurih ditawarkan disini. Namun berbeda dengan misro yang berasal dari kalimat “amis di jero” atau “manis di dalam”, mistro justru menawarkan rasa manis karena berisi gula aren di dalamnya.

3. Lumpia Basah

Pedagang menyiapkan lumpia basah Suryakencana. Kuliner Suryakencana Bogor
Lumpia Basah Suryakencana (Sumber: Doyankuliner)

Kalau kamu menyusuri Jalan Suryakencana, siap-siap mencium aroma lumpia basah yang menggoda selera. 

Jajanan ini memiliki isian sederhana, yaitu tahu goreng, tauge, telur, dan bengkoang yang dilumuri dengan bumbu khas. Namun soal rasa, bukan main nendangnya! Kelezatan di dalam balutan kulit lumpia ini membuat orang-orang rela antri untuk mendapatkan lumpia basah mereka. 

4. Nasi Goreng Guan Tjo

Tampilan depan nasi goreng Guan Tjo dengan spanduk kuning. Kuliner Suryakencana Bogor
Nasi Goreng Guantjo (Sumber: Tokopedia)

Sesuai namanya, kuliner ini menawarkan nasi goreng yang sudah dikenal erat sebagai makanan khas Indonesia. Dengan resep andalan yaitu paduan pete yang nikmat, Nasi Goreng Pete Guan Tjo berhasil laris manis sejak 1960-an hingga sekarang, lho.

Meskipun berada di area Chinatown atau Pecinan Bogor, nasi goreng ini halal! Pastikan kamu tidak melewatkan lokasinya yang berada di samping Hotel 101 Bogor, ya!

5. Soto Kuning Pak Yusup

Beragam lauk di Soto Kuning Pak Yusup. Kuliner Suryakencana Bogor
Soto Kuning Pak Yusup (Sumber: Kompasiana)

Manjakan lidahmu dengan hidangan Soto Kuning Pak Yusup. Rasa sotonya begitu lezat dan gurih, ditambah dengan potongan daging yang juga melimpah membuat lidahmu bergoyang dalam suapan pertama. 

Berdiri sejak 1977, Soto Kuning Pak Yusuf ini digemari oleh banyak orang. Mulai dari wisatawan hingga warga lokal, semua berbondong-bondong dan rela mengantri untuk mendapatkan santapan khas legendaris ini.

6. Seupan Talas

Seupan talas dengan parutan gula merah di atasnya. Kuliner Suryakencana Bogor
Seupan Talas (Sumber: Tribun Bogor)

Sudah tidak asing lagi jika kawasan Jawa Barat identik dengan talas. Bahan itulah yang menjadi pelopor bergeraknya kuliner Suryakencana Bogor yang satu ini: Seupan Talas. Sebelum disajikan, talas dikukus terlebih dahulu kemudian diberikan parutan gula merah dan kelapa di atasnya. Karena prosesnya dikukus, tentu saja kamu akan merasakan sensasi talas yang lembut ketika pertama kali masuk ke mulut.

7. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka yang lezat. Kuliner Suryakencana Bogor
Bakso Kikil Pak Jaka (Sumber: Kumparan)

Jangan underestimate dulu dengan penampakan luar dari kuliner Suryakencana Bogor yang satu ini. Meski didagangkan hanya menggunakan gerobak ala kaki lima, namun bakso kikilnya punya cita rasa yang juara.

Daging sapinya merupakan racikan di rumah sendiri, sedangkan kikilnya diolah seempuk mungkin sehingga memiliki tekstur yang pas digigit. Kedua kombinasi maknyus ini kemudian disiram dengan kuah bening khas Sunda. Pokoknya top banget deh!

8. Pepes Daniel Gang Aut

Pepes Daniel Gang Aut dengan beragam dagangan. Kuliner Suryakencana Bogor
Pepes Daniel Gang Aut (Sumber: Jajan keren)

Kalau biasanya kamu menyantap pepes dengan rasa yang pedas gurih, kuliner Suryakencana Bogor yang satu ini akan memberimu sensasi makan pepes yang berbeda. Pepes Daniel Gang Aut terkenal dengan pepes sagu pisang yang memiliki cita rasa manis. Varian rasanya pun beragam, ada cokelat, oncom, dan jamur. 

9. Es Pala Aming

Es Pala Aming dengan gerobak biru, mangga, sirsak. Kuliner Suryakencana Bogor
Es Pala Aming (Sumber: Twitter)

Kalau sedari tadi sudah membicarakan aneka makanan, kini saatnya membicarakan yang minuman yang menyegarkan tenggorokan. Ada Es Pala Aming yang tak kalah populer di kalangan kuliner Suryakencana Bogor. Minuman ini berbentuk manisan yang terbuat dari pala, sirsak, dan mangga. Bisa kamu pilih sesuai kesukaanmu! 

Manisan ini diberi es dan dihidangkan dalam satu gelas penuh. Buah-buah yang digunakan pun sudah diparut dengan sangat tipis sehingga memudahkan saat diseruput.

10. Bir Kotjok Abah

Es Bir Kotjok Bogor Abah 0% alkohol. Kuliner Suryakencana Bogor
Bir Kotjok Abah (Sumber: IDN Times)

Satu lagi minuman legendaris yang berlokasi di Suryakencana, namanya Bir Kotjok Abah. Jangan terkecoh dengan namanya, ya. Minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali, justru terbuat dari rempah-rempah seperti kayu manis dan jahe. Rasa manisnya berasal dari gula aren. Bir Kotjok enak dinikmati selagi dingin maupun hangat. Harganya pun murah meriah, cukup mengeluarkan Rp5.000 saja kamu sudah bisa menikmati sebungkus plastik Bir Kotjok ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?