Travelling sambil mencicipi street food khas daerah menjadi agenda tersendiri semenjak merebaknya vlog kuliner dan travel. Selain murah, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan pedagang bahkan bisa bertukar cerita mengenai sejarah makanan itu sendiri, lho! Tidak ketinggalan suasana down-to-earth yang tidak kamu temui jika makan di restoran besar.

Nah jika kamu berada di Bogor dan tertarik untuk menikmati street food Bogor malam, berikut adalah 7 rekomendasi nikmat yang bisa kamu cicipi sambil kongkow atau ngevlog!

1. Lumpia Basah Suryakencana

proses pembuatan lumpia basah
Lumpia Basah Suryakencana (Sumber: Tribun News)

Lumpia menjadi salah satu street food yang dinanti, apalagi Lumpia Basah Suryakencana. Ya, street food Bogor malam ini sudah menjadi kuliner legendaris yang tidak boleh dilewatkan. Kombinasi isian tahu goreng, tauge, telur, dan bengkoang dengan bumbu khas benar-benar membuatmu ‘nendang’! Tidak heran jika wisatawan berbondong-bondong antri untuk mencicipi kelezatannya.

Lokasinya berada di Jl. Suryakencana no. 98

2. Martabak Manis Encek

martabak manis encek ramai pelanggan
MArtabak Manis Encek (Sumber: Detik Food)

Malam-malam makan martabak manis tentu sangat menggiurkan, ya! Apalagi jika martabaknya legendaris dan menjadi ikon street food Bogor malam, wah sudah pasti cocok buat diabadikan di vlog! Martabak manis Encek disajikan oleh kakek Encek yang sudah sangat tua namun masih cekatan dalam mengolah adonan martabak. Uniknya, adonan martabak dimasak menggunakan arang sehingga rasanya otentik dan dijamin tidak mengecewakan!

Lokasinya berada di dekat perempatan Gang Aut – Suryakencana.

“Bir Kotjok” Bogor 0% Alkohol

botol bir kotjok bogor
Bor Kotjok (Sumber: IDN Times)

Eits, jangan kaget dulu! Bir ini bukan ‘bir’ dalam artian sesungguhnya, tetapi minuman rempah yang dikocok hingga berbuih sehingga menyerupai bir. Bir Kotjok sudah melegenda sejak tahun 1948 di Jl. Suryakencana, setelah perempatan Gang Aut. Ramuannya? Jahe merah, kayumanis, cengkeh, gula pasir, dan aren yang dikocok hingga berbuih. Khasiatnya? Jangan ditanya, mulai dari memperlancar sirkulasi darah hingga menghangatkan badan.

Harganya hanya Rp5.000 saja, lho! Meskipun terkadang buka malam, tapi bir ini cepat habisnya, jadi jangan ketinggalan ya!

4. Asinan “Asli Bogor”

asinan asli bogor di atas meja
Asinan Asli Bogor (Sumber: GoTravelly)

Asinan Bogor memang sudah menjadi salah satu sajian khas Bogor yang sering dicari. Di warung asinan “Asli Bogor” yang buka sampai malam, kamu bisa mencicipi kuliner malam Bogor yang terdiri dari potongan buah dan sayur segar dicampur kuah khas yang berwarna merah. Meskipun namanya asinan, tapi rasanya justru segar dan nikmat, lho!

Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda no. 90 yang buka hingga malam hari, menjadikan asinan “Asli Bogor” menjadi street food Bogor malam yang wajib dikunjungi.

5. Sate Sumsum Pak Oo’

seporsi sate sumsum pak oo'
Sate Sumsum Pak Oo’ (Sumber: Tribun News)

Sate identik dengan kuliner malam, sehingga Sate Sumsum Pak Oo’ bisa dicoba bagi kamu yang sedang hunting street food Bogor malam. Sate yang disajikan tidak biasa: terbuat dari sumsum dan ginjal sapi, lho! Rasanya gurih ditambah bumbu kacang manis dengan perasan jeruk nipis segar. Di sini kamu akan menemukan banyak pengunjung dari berbagai generasi, jadi kamu bisa sekaligus wawancara sebagai bahan vlog kamu!

Sate Sumsum Pak Oo’ buka mulai pukul 16.00 di Jl. Suryakencana.

6. Bubur Ayam Kabita

semangkuk bubur ayam kabita
Bubur Ayam Kabita (Sumber: Travelingyuk.com)

Malam-malam makan bubur? Kenapa tidak! Bubur Ayam Kabita menjadi favorit para warga Bogor untuk memenuhi kebutuhan perut malam hari. Bubur ini memiliki bumbu kuah kaldu yang khas dengan rasa rempah yang kuat. Suiran ayamnya juga melimpah, lho!

Kedainya berada di Jl. Raya Gunung Batu no. 67, yuk dikunjungi!

7. Sop Buah Pak Ewok

semangkuk sop buah pak ewok di atas meja
Sop Buah Pak Ewok (Sumber: ksmtour.com)

Street food Bogor malam yang cocok untuk menyegarkan badan adalah Sop Buah Pak Ewok. Ya, kamu bisa memilih buah segar dicampur dengan susu untuk memanjakan lidah dan tenggorokan kamu. Pecinta manis tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini! Selain itu kamu juga bisa memilih sop durian, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?