Kita pastinya sudah tahu manfaat sayur-mayur untuk tubuh. Kaya akan mineral, vitamin, dan serat, sayur-mayur biasanya dijadikan makanan utama saat melakukan diet. Selain untuk diet, mengkonsumsi sayur-mayur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu menangkal penyakit. Di Kota Bogor, ada sebuah komunitas yang mengkampanyekan menanam sayuran organik secara mandiri dan cerdas. Komunitas hidroponik Bogor ini bernama Kohibora. 

Kira-kira, komunitas seperti apakah Kohibora itu? Dan apa saja yang dilakukan oleh para anggotanya? Artikel kali ini akan mengajakmu berkenalan dengan Kohibora lebih jauh. Simak sampai selesai, yuk!

Kegiatan “penghijauan” yang dilakukan Komunitas Hidroponik Bogor Raya

anggota kohibora menanam sayuran organik
Keceriaan Kohibora menanam sayuran organik (Sumber: Jayakarta News)

Komunitas Hidroponik Bogor Raya atau yang disingkat sebagai Kohibora ini memiliki tujuan awal untuk menghijaukan Kota Bogor dengan tanaman hidroponik. Menurut ketua Kohibora, Hanny Nabila, dengan mengkampanyekan menanam sayuran hidroponik ini diharapkan dapat menjadikan Kota Bogor sebagai tujuan belanja hidroponik dari seluruh daerah.

Berbagai upaya kegiatan penghijauan pun telah dilakukan oleh Kohibora, salah satunya dengan memberikan alat-alat hidroponik kepada Kelompok Wanita Tani. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Bogor dengan tujuan ingin menyebarluaskan kehadiran hidroponik di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Bogor.

Keuntungan menanam sayuran hidroponik

Menanam sayuran hidroponik ternyata memiliki keuntungan yang berlimpah, lho. Sebab menggunakan pipa paralon sebagai media tanam, sayuran yang dipanen secara organik melalui hidroponik dapat diawasi dan dirawat secara rutin. Sehingga yang menanam pun dapat menetapkan jadwal panennya sendiri.

Selain itu, tanaman yang dipanen juga bisa memiliki harga jual yang lebih tinggi karena kualitas yang dimiliki. Ditanam tanpa menggunakan bahan kimia, sayuran organik memiliki kebersihan dan nutrisi yang lebih baik daripada sayuran yang ditanam secara konvensional pada media tanah.

Menanamnya pun tidak perlu lahan yang luas karena dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan seperti pipa paralon dan kayu yang dibuat secara bersusun. Ini menjadi plus point bagi yang ingin memulai menanam secara organik di rumah untuk dikonsumsi sendiri. Selain mendapatkan hasil panen yang bersih dan bebas hama, nutrisi yang terkandung pun lebih tinggi untuk dikonsumsi sehingga lebih sehat untuk tubuh.

Mengajak masyarakat untuk turut menanam sayuran organik secara mandiri

anggota kohibora menanam sayuran hidroponik
Mengajak masyarakat untuk go-organic (Sumber: RakyatBicara.co.id)

Lewat komunitas hidroponik Bogor ini, Kohibora ingin mengajak masyarakat Bandung untuk mulai menanam sayuran hidroponik secara mandiri.

Tentu saja memulai hidroponik ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah, sebab tidak memerlukan lahan yang luas juga bahan-bahan yang sulit untuk memulainya. Dengan memiliki tanaman hidroponik sendiri, kamu pun bisa tetap mendapatkan pasokan sayur tanpa harus membelinya lagi ke pasar. 

Jenis sayuran yang bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik pun ada banyak, lho. Contohnya seperti pakcoy, sawi, kangkung, bayam, dan masih banyak lagi. Hasil panennya pun sangat bersih karena tidak menggunakan pestisida, akarnya bersih karena tidak ada tanahnya, juga tidak ada ulat yang menempel pada sayuran.

Bagaimana, mulai tertarik menjadi petani modern yang cerdas dan mandiri melalui tanaman hidroponik? Kamu bisa ikutan gabung bersama komunitas hidroponik Bogor jika ingin mengikuti kegiatan-kegiatan penghijauan kota!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?