Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang populer dikunjungi. Apalagi kalau akhir pekan, warga ibukota dan sekitarnya seolah tak pernah bosan mampir ke Bogor walau untuk melepas penat sejenak. Bogor memang memiliki sederet tempat wisata yang bisa kamu kunjungi baik wisata alam maupun tempat hiburan untuk sekeluarga. Ternyata ada lagi yang bisa bikin trip kamu seru, yaitu festival di Bogor!

Ya, Bogor juga menjual nilai pariwisata melalui daftar festival seru yang bisa kamu temui saat di Bogor. Salah satunya adalah Bogor Street Festival Cap Go Meh yang diadakan setahun sekali. Seperti apa keseruannya?

Bogor Street Festival memperingati Cap Go Meh dan mengundang semua orang untuk bersuka ria

penampilan budaya di cap go meh bogor
Salah satu penampilan budaya di Bogor Street Festival CGM (Sumber: www.capgomehbogor.com)

Kamu pasti tidak mau melewatkan Bogor Street Festival. Festival di Bogor ini diadakan untuk merayakan Cap Go Meh dan Imlek. Tidak heran jika festival ini selalu ada setiap tahunnya. Lokasinya berada di Pecinan Bogor atau daerah Jl. Surya Kencana hingga Jl. Siliwangi.

Festival ini juga menjadi ajang pemersatu beragam etnis di Bogor. Tidak mengherankan bila konsep pada tahun 2020 adalah “Ajang Budaya Pemersatu Bangsa”.

Merupakan festival di Bogor yang terbesar!

Ya, Bogor Street Festival adalah festival terbesar, lho! Tidak heran bila dalam pelaksanaannya dihadiri tokoh penting seperti Menteri Pariwisata, Walikota, hingga berbagai pejabat lain. Festival ini tidak main-main besarnya dan yang terpenting, gratis!

Kamu bisa menikmati atraksi barongsai lincah yang memukau

barongsai naga yang dibawa warga
Atraksi barongsai di Bogor Street Festival CGM (Sumber: MerahPutih.com)

Apa saja yang bisa kamu nikmati? Tentu saja pertunjukan barongsai dan liong yang mengagumkan! Selain itu ada juga pawai tarian daerah dan baju adat dari 34 provinsi se-Indonesia. Tidak ketinggalan drumband sebagai pembuka festival dari PUSDIKZI dan pembawaan Bendera Pusaka dari PPI Kota Bogor. 

Menariknya, tim barongsai-liong ini bukan hanya dari Bogor saja, tapi juga dari luar seperti Sukabumi dan Cianjur.

Sambil berjalan, kamu bisa mencicipi beragam kuliner legendaris Bogor

Enaknya, Jl. Suryakencana dan Jl. Siliwangi terkenal dengan kuliner Bogor yang lezat, lho! Kamu bisa mencicipi Sate Sumsum Pak Oo’ yang terkenal dengan sumsum dan ginjalnya. Tidak jauh dari situ kamu juga bisa menemukan Nasi Goreng Pete Guan Tjo. Jangan khawatir, semuanya halal, kok! Kamu juga bisa menikmati beragam kuliner lainnya seperti makanan tradisional Indonesia yang dijual saat festival. Ya, festival di Bogor ini menjadi tonggak nasionalisme karena menawarkan beragam budaya Indonesia dalam satu acara.

Enaknya mengunjungi festival di Bogor adalah kamu bisa ikut terlibat dalam keseruan dan keceriaan acara tersebut. Dengan biaya yang minim, kamu sudah bisa menjadi sejarah festival yang diadakan beberapa waktu sekali saja, lho! Cocok juga bagi kamu yang suka fotografi. Jadi kapan mau mampir Bogor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?