Ada beragam kuliner yang bisa kamu cicipi di Kota Bogor, mulai dari kuliner hits yang kekinian hingga kuliner legendaris yang masih eksis sampai hari ini pun bisa kamu nikmati. Untuk menggoyang lidah dengan santapan kuliner khas Bogor, ada lima lokasi street food Bogor yang paling sering dikunjungi warga lokal hingga wisatawan untuk memuaskan perut. 

Dimana saja lokasi street food Bogor yang paling populer? Di artikel kali ini, lime lokasi sudah dirangkum untuk kamu simak.

1. Jalan Suryakencana

gerbang merah kawasan kuliner di jalan suryakencana
Jalan Suryakencana (Sumber: Ultimagz)

Jika menyebutkan kuliner Bogor, pastilah tidak asing lagi dengan jalan yang satu ini. Bagaimana tidak, Jalan Suryakencana yang merupakan kawasan pecinan ini sudah eksis menjadi sentra kuliner street food Bogor sejak puluhan tahun lalu.

Jalan Suryakencana berlokasi tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan juga Tugu Kujang. Jadi ketika kamu habis berwisata ke tempat itu, kamu bisa mampir ke kawasan Suryakencana untuk mengisi perut yang lapar.

Yang paling hits di kawasan ini tentu saja kuliner khas Bogor, seperti laksa, soto mie, soto kuning, cungkring, bir kotjok, lumpia basah, asinan, dan masih banyak lagi. Kuliner disini pun dibuka menggunakan gerobak atau tenda seperti kuliner kaki lima pada umumnya. Namun jangan menyepelekan soal rasa, ya. Kamu bahkan bisa dibuat mengantri untuk mendapatkan kuliner yang kamu mau, saking ramainya yang ingin mencoba kuliner khas di Suryakencana.

Kalau ingin mencoba aneka street food Bogor di Jalan Suryakencana, sebaiknya kamu berburu dari pagi hingga sore hari. Karena pada jam 8 malam, kebanyakan pedagang sudah menutup dagangannya.

2. Kawasan Air Mancur

kawasan air mancur bogor di malam hari
Kawasan Air Mancur (Sumber: Tribun News Bogor)

Nah, bagi kamu yang gemar cemal-cemil di malam hari, ini dia kawasan yang ramai dengan kuliner yang beragam. Di Kawasan Air Mancur yang berada di pertemuan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani ini, kamu bisa menikmati beragam sajian kuliner mulai dari sore hingga dini hari!

Terletak tidak jauh dari Istana Bogor, kamu bisa mencicipi aneka street food Bogor mulai dari soto kuning, nasi goreng, sate padang, bubur ayam, hingga martabak yang melegenda di kawasan ini yang bernama Martabak Air Mancur. Aneka minuman yang menghangatkan tubuh yang cocok untuk diseruput di malam hari juga ada, seperti sekoteng, bandrek, dan wedang.

3. Bogor Permai

area parkir toko bakery bogor permai
Toko Bakery Bogor Permai (Sumber: Kompas.com)

Tidak kalah legendarisnya dari Jalan Suryakencana, ternyata ada lagi kawasan street food Bogor yang sudah ada sejak berpuluh tahun lalu, yaitu Bogor Permai yang lebih akrab disebut BoPer oleh orang-orang Bogor.

Terletak di Jalan Sudirman, kamu bisa mendapatkan beragam jajanan seperti siomay dan batagor, toge goreng, soto mie, bakso, mie ayam, pempek, laksa, es sekoteng, dan masih banyak lagi!

Mayoritas jajanan memang didagangkan dengan menggunakan gerobak dan tenda ala kaki lima, namun ada juga bakery dan restoran lawas dengan bangunan dan etalase toko bergaya jadul yang tak kalah terkenal di BoPer ini. Selain warga lokal, pengunjungnya bisa datang dari luar kota hingga luar negeri, lho.

4. Jalan Veteran (Merdeka)

pedagang kaki lima di jalan veteran merdeka bogor
Jalan Veteran MErdeka (Sumber: Travel Kompas)

Satu lagi lokasi street food Bogor yang buka hingga 24 jam dan gak ada matinya, yaitu Jalan Veteran Merdeka atau kawasan Merdeka Bogor. Disebut demikian karena nama tersebut sudah digunakan sejak zaman kemerdekaan, kawasan ini juga menjadi salah satu pusat Bogor kala itu.

Kuliner-kuliner itu tersaji dari gerobak maupun tenda kaki lima. Jenis makanan yang ditawarkan pun mayoritas kuliner khas Bogor. Bagi kamu yang mencari doclang, soto mie, bubur ayam, pempek, sate, kudapan cakwe, martabak, ataupun angkringan untuk tempat kongkow juga tersedia disini.

Tidak perlu khawatir kalau kelaparan tengah malam ataupun dini hari sekalipun, karena kawasan ini akan buka teru hingga pagi. Bahkan di pagi hari pun pedagangnya bisa silih berganti dan menyediakan kuliner yang cocok untuk sarapan.

5. Jalan Pandu Raya

baso pmi di jalan pandu raya bogor
Jalan Pandu Raya (Sumber: Pariwisata – Kota Bogor)

Berbeda dengan lokasi-lokasi street food Bogor sebelumnya yang identik dengan kuliner khas maupun legendaris Bogor, yang satu ini membubuhkan kamu dengan kuliner-kuliner kekinian di sepanjang jalannya. Berada di Bogor Utara, Jalan Pandu Raya dikenal dengan kawasan aneka kuliner hits dan kekinian.

Kamu akan menemukan kedai-kedai kopi dan es krim di jalan ini. Namun ada juga kuliner lain seperti surabi durian dan Baso PMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat