Jangan sekali-kali melupakan sejarah, begitulah pepatah yang diungkapkan oleh Bapak Proklamator kita yaitu Ir. Soekarno. Sayangnya hal tersebut mulai pudar seiring berkembangnya zaman dan banyak anak muda yang enggan untuk mempelajari sejarah karena terkesan “Tua”. Padahal, tempat bersejarah menawarkan pemandangan yang vintage dan estetik untuk diabadikan di Instagram, lho! Salah satunya adalah tempat bersejarah di Bogor.

Bogor tidak hanya dikenal sebagai kota Hujan atau kota kuliner saja, namun Bogor juga menyimpan beberapa tempat bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Selain menjadi daya tarik tersendiri, kamu juga bisa menikmati wisata yang berbeda dan menambah ilmu, lho. Bayangkan banyak orang yang menanyakan “Foto dimana nih?” dan kamu bisa menjelaskan lokasi beserta sejarahnya. Keren, bukan?

Berikut adalah tempat bersejarah di Bogor yang bisa kamu kunjungi:

1. Museum Perjuangan

tampak depan museum perjuangan bogor
Museum Perjuangan (Sumber: aroengbinang)

Bicara soal perjuangan maka tidak lepas dari semangat para nenek moyang yang mengusir penjajah keluar dari Indonesia. Saat kita sekolah, setiap hari Senin kita selalu mengenang para pahlawan yang tidak gentar membela Tanah Air. Nah, kamu bisa memaknai perjuangan mereka di tempat bersejarah Bogor pertama yaitu Museum Perjuangan.

Di museum ini kamu akan menemukan koleksi benda-benda bersejarah dan cerita perjuangan para pahlawan. Tujuan berdirinya museum ini adalah untuk mewariskan semangat dan jiwa perjuangan kepada generasi selanjutnya, khususnya kamu para pemuda milennials. Koleksi yang bisa kamu temui antara lain senapan para pejuang, hasil rampasan dari penjajah, hingga mata uang zaman VOC, lho! Yang bikin merinding, benda-benda ini memiliki noda darah asli dari para pemiliknya.

Tertarik untuk mampir? Lokasinya berada di Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

2. Museum PETA

penampakan museum peta bogor
Museum PETA (Sumber: Informasi Situs Budaya Indonesia)

Museum ini didirikan sebagai simbol penghargaan kepada PETA atau Pejuang Tanah Air atas jasanya mempertahankan negeri. Jangan khawatir jika takut membosankan, belajar sejarah menjadi lebih asyik dengan banyaknya diorama yang menceritakan proses terbentuknya PETA hingga kontribusinya dalam kemerdekaan Indonesia.

Di tempat bersejarah Bogor ini kamu juga akan menemukan berbagai relief, patung, perlengkapan perang, hingga meriam, lho! Bagi kamu yang suka main game battle royale pasti tertarik untuk melihat beragam senjata dalam bentuk aslinya. Mampirlah ke Jl. Jend. Sudirman No.35, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Kebun Raya Bogor

pekarangan kebun raya bogor
Kebun Raya Bogor (Sumber: PingPoint)

Siapa sangka bahwa Kebun Raya Bogor dulunya hanyalah halaman dari Istana Bogor? Prof. Caspar George Carl Reinwardt adalah ilmuwan berkebangsaan Belanda yang diangkat menjadi Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa. Beliau tertarik untuk meneliti kekayaan hayati flora Indonesia dan mengumpulkannya di halaman Istana Bogor sehingga kemudian diresmikan menjadi Kebun Raya.

Di Kebun Raya Bogor, kamu bisa berfoto dengan bunga bangkai terbesar di dunia yang sangat langka, lho! Jangan khawatir kepanasan karena sesuai namanya, kebun raya ini dikelilingi oleh pepohonan bahkan usianya mencapai ratusan tahun. Lokasinya berada di Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Istana Bogor

pekarangan dan tampak depan istana bogor
Istana Bogor (Sumber: Sejarah Lengkap)

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, tempat bersejarah Bogor ini merupakan bagaian dari Kebun Raya Bogor. Istana ini dibangun pada tahun 1745 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Baron Gustaf Willem Van Imhof dan kini menjadi rumah dinas Presiden Indonesia.

Meskipun kamu hanya boleh berkunjung masuk ke dalam istana dengan izin tertulis, kamu bisa berjalan-jalan menikmati sekitaran istana dan menyapa rusa-rusa yang gemar memakan wortel.

5. Gereja Zebaoth

tampak depan gereja zebaoth
Gereja Zebaoth (Sumber: Pegipegi)

Tak jauh dari Kebun Raya Bogor, kamu bisa menemui tempat bersejarah Bogor lainnya yaitu Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Zebaoth atau GPIB Zebaoth. Gereja ini memiliki gaya klasik yang cocok diabadikan di koleksi perjalanan Bogor kamu. GPIB Zebaoth juga ditetapkan sebagai cagar budaya, lho!

Gereja ini dulunya hanya boleh dimasuki oleh orang Eropa, lho! Uniknya lagi hingga tahun 1962, kebaktian di GPIB Zebaoth menggunakan bahasa Belanda sebagai pengantar ibadahnya. Unik, ya? Kamu bisa mampir untuk mengagumi keindahan bangunan bersejarahnya di Jl. Ir. H. Juanda No.3, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Jembatan Merah Bogor

angkutan umum melintasi jembatan merah bogor
Jembatan Merah Bogor (Sumber: Liputan6)

Bukan, ini bukan Jembatan Merah yang ada di Surabaya, ya! Jembatan Merah Bogor ini berada di antara Jalan Merdeka, Jalan Veteran, dan Jalan Kapten Muslihat serta sudah dibangun sejak zaman Belanda. Jembatan ini masih dijaga keasliannya sehingga kamu bisa menemukan desain yang retro lengkap dengan kabel gantung yang sudah jarang ditemui. Jembatan ini berada di atas Kali Ciliwung.

Ada mitos yang beredar bahwa kalau kamu sudah berpasangan, maka saat melintas di jembatan ini kamu akan putus, lho! Sedangkan sebaliknya, jika kamu jomblo, maka kamu akan menemukan jodoh dengan cepat. Ada-ada saja ya, kalau kamu percaya yang mana?

7. Kampung Budaya Sindangbarang

dua orang berlatih silat di kampung budaya sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang (Sumber: Pegipegi)

Jika kamu lebih suka bermain di alam terbuka, mampirlah ke Kampung Budaya Sindangbarang. Ini adalah tempat bersejarah di Bogor khususnya bagi adat dan budaya Sunda. Di kampung tertua inilah kebudayaan Sunda Bogor diawali dan merupakan saudara jauh suku Baduy.

Apa yang bisa kamu lakukan di sini? Banyak! Selain berfoto-foto dan terkesima dengan alamnya yang masih asri, kamu bisa ikut bermain Jaipong atau Silat Cimande bersama warga. Suka bermain game? Coba tantang dirimu dengan main egrang, dampu, bakiak, hingga memanah. Jika beruntung, kamu juga bisa ikut menyaksikan upacara tahunan yaitu Adat Seren Taun.

Masuk ke sini hanya Rp25.000 per orang saja, lho. Lokasinya berada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

8. Makam Raden Saleh

pekarangan makam raden saleh di bogor
Makam Raden Saleh (Sumber: Merdeka.com)

Mengaku anak artsy dan indie? Maka kamu wajib mengenal Raden Saleh, pelukis maestro Indonesia yang karyanya sudah tidak diragukan lagi bahkan oleh khalayak internasional. Meskipun berperan sebagai pelukis kerajaan Belanda, namun beliau selalu menyisipkan pesan perjuangan bagi Bangsa Indonesia. Beliau juga kontributor pendirian Taman Margasatwa Ragunan.

Nah, kamu perlu mampir ke makam Raden Saleh yang terletak di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan ini. Walaupun lokasinya kecil, tapi tidak ada salahnya untuk menikmati tempat bersejarah Bogor yang indah ini.

9. Prasasti Batu Tulis

prasasti batu tulis dikelilingi pengunjung
Prasasti Batu Tulis (Sumber: Pikiran Rakyat)

Seperti namanya, prasasti ini merupakan batu raksasa dengan aksara Sunda Kuno peninggalan Kerajaan Sunda Pajajaran. Prasasti memiliki angka 1455 Saka atau 1533 Masehi. Prasasti ini menceritakan kisah seorang raja yang membangun parit pertahanan di Pakuan (Bogor), bahkan membangun benteng dari gunung dan jalanan kerajaan, lho!

Kalau kamu tertarik untuk menyaksikan langsung batu prasasti yang sering kamu baca di buku sejarah, kamu bisa mampir ke Jl. Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Lokasinya sangat tenang dan kamu juga bisa mengabadikan batu tulis ini.

10. Vihara Mahacetya Dhanagun

suasana di dalam vihara mahacetya dhanagun
Vihara Mahacetya Dhanagun (Sumber: Majalah Gloob!)

Siapa sangka bahwa tempat ibadah ini sudah bertahan lebih dari 300 tahun? Awalnya vihara ini merupakan sebuah klenteng bagi penganut agama Konghucu, namun karena adanya perkara politis, maka tempat ibadah ini akhirnya menyesuaikan menjadi vihara untuk agama Buddha. Hingga kini, tempat bersejarah Bogor ini menjadi vihara yang masih menyimpan budaya Tionghoa yang kental.

Lokasinya berada di seberang area Kebun Raya Bogor. Arsitekturnya sangat indah, sehingga kamu bisa masuk dan mengambil beberapa foto asal tidak mengganggu proses peribadatan. Gratis, lho!

11. Gedung Balaikota Bogor

tampak depan gedung balaikota bogor
Gedung Balaikota Bogor (Sumber: Replublika)

Ya, meskipun merupakan sebuah pusat administrasi kota Bogor, namun rupanya bangunan ini memiliki sejarah tersendiri, lho! Gedung ini dulunya merupakan Societeit yaitu tempat hiburan bagi orang-orang Belanda. Sebut saja bar, ruang billiar, hingga lantai dansa semuanya berada dalam gedung ini.

Walaupun masih memiliki desain arsitektur Eropa, namun ternyata saat direnovasi pemerintah kota Bogor berinisiatif untuk mencampurkan unsur Sunda di bangunan ini, lho. Unik ya? Kamu bisa mampir di Jl. Ir. H. Juanda No. 10 Kota Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?