Jalan-jalan ke Bogor tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi hidangan kuliner yang ada di kawasan yang berudara sejuk ini. Selain kuliner kekinian yang mulai merajai Kota Bogor, kuliner legendarisnya juga tak kalah nikmat dalam menggoyang lidah, lho. Tahukah kamu kalau ada festival kuliner Bogor yang setiap tahun diselenggarakan oleh Pemkot Bogor? Nah, festival ini jadi ajang “cemal-cemil” untuk para pecinta kuliner di luar sana.

Seperti apa sih festival kuliner Bogor itu? Simak disini, ya!

Festival kuliner yang digelar setiap tahun

kemeriahan festival kuliner bogor
Kemeriahan Festival Kuliner Bogor (Sumber: Suara.com)

Ada satu event di Bogor yang banyak dinantikan oleh para pemburu kuliner, baik yang berstatus sebagai warga Bogor maupun wisatawan di luar Bogor. Ya, Festival Kuliner Legendaris Bogor merupakan festival kuliner yang digelar setiap tahun dan pasti selalu ramai pengunjung.

Festival Kuliner Legendaris Bogor dikemas secara unik dan menarik, dimana ada puluhan kuliner legendaris Bogor yang dihadirkan dalam acara ini. Tujuan dari acaranya adalah untuk memperkenalkan kembali dan melestarikan kuliner-kuliner legendaris Bogor pada para pengunjung, terutama bagi generasi muda.

Di zaman sekarang, kuliner-kuliner legendaris bisa dibilang sudah hampir punah lantaran kalah pamor dengan hidangan kekinian. Lewat festival inilah diharapkan kuliner-kuliner khas Bogor bisa kembali berjaya dan dikenal oleh masyarakat luas.

proses memasak makanan khas bogor
Festival Kuliner Bogor (Sumber:Medcom.id)

Sebagai penyelenggara acara, pihak Pemkot Bogor menyatakan ingin turut memberi wadah kepada para pengusaha kuliner Bogor untuk dapat menyajikan kuliner legendaris Bogor kepada lebih banyak orang.

Di setiap tahun, agenda yang dilakukan berbeda-beda untuk memeriahkan festival kuliner Bogor ini. Seperti penyajian kuliner yang menggunakan bahan-bahan lokal, kompetisi pengolahan makanan berbahan dasar singkong, demo memasak, bazar, pameran, hingga pembagian doorprize juga ada.

Festival kuliner Bogor ini biasanya diselenggarakan selama dua hari dengan jam operasional mulai jam 08.00 hingga 18.00 petang. Sejak pagi biasanya sudah terlihat banyak pengunjung yang mulai mengantri, lho. Ini menandakan bahwa festival kuliner Bogor memang menjadi salah satu event yang memiliki antusias yang tinggi dari para foodies.

Tersedia kuliner legendaris khas Bogor serta kuliner kekinian lainnya

makanan khas bogor disajikan di atas meja
Berbagai makanan khas Bogor disajikan (Sumber: Republika)

Kuliner khas Bogor yang disajikan di acara ini pun beragam, ada lebih dari 30 kuliner Bogor yang dijejalkan disini. Namun memang kuliner legendaris lah yang menjadi bintang utamanya. 

Makanan seperti laksa Bogor, toge goreng, docang, soto mie, soto kuning, mie glosor, cungkring, asinan Bogor, asinan jagung bakar, bir kotjok, es pala, es bajigur, es doger, dan masih banyak lagi sajian lainnya yang tersedia di Festival Kuliner Legendaris Bogor.

Walikota Bogor berharap agar festival ini tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat Bogor saja, namun masyarakat luar Bogor seperti warga Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi atau pun dari kota lain juga bisa mampir ke festival ini. Hal ini berkaitan dengan harapan sang Walikota agar potensi kuliner legendaris Bogor lebih dikenal oleh masyarakat secara menyeluruh.

Harga kulinernya sangat terjangkau!

ibu-ibu mengantri kuliner khas bogor
Berburu kuliner khas Bogor yang murah meriah (Sumber: Medcom.id)

Untuk ikut bergabung merasakan euforia mencicipi santapan di Festival Kuliner Legendaris Bogor, kamu tidak perlu membayar biaya masuk. Cukup membayar voucher untuk makanan dan minumannya saja yang dimulai dari Rp5.000 untuk minuman dan Rp10.000 untuk makanan.

Jadi, jangan lupa untuk menukarkan uang tunai dengan voucher makanan dan minuman di loket yang tersedia, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat