Di tengah penatnya kesibukan perkotaan, refreshing sejenak menuju tempat yang dikelilingi alam tentu menjadi hal yang krusial dewasa ini. Tidak perlu menunggu libur panjang, cukup saat akhir pekan bisa membawa dampak yang positif bagi tubuh dan pikiran.

Bogor adalah salah satu lokasi tujuan liburan khususnya bagi masyarakat Jawa Barat. Dikenal sebagai Kota Hujan, Bogor memiliki kondisi alam yang sejuk serta penuh dengan pepohonan. Tidak mengherankan bila jalanan menuju Bogor sangat padat pada akhir pekan.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Bogor dalam waktu dekat, kamu wajib tahu 10 wisata alam Bogor yang bisa kamu kunjungi. Selain menyegarkan pikiran, kamu juga bisa melupakan sejenak masalah dan mengumpulkan energi positif, lho. Berikut adalah 10 wisata alam Bogor terbaik.

1. Gunung Kapur Klapanunggal

wisata alam bogor
Klapanunggal (Sumber: Difanews)

Gunung erat kaitannya dengan kegiatan pecinta alam maupun berkemah. Namun, datang sejenak untuk menjernihkan pikiran juga bisa kamu lakukan tanpa persiapan yang memberatkan.

Gunung Kapur Klapanunggal adalah wisata alam Bogor yang berupa gunung kapur dengan goa alami serta kumpulan stalagmit yang indah. Biasa digunakan sebagai sarana panjat tebing, kamu bisa menikmati keindahan alamnya dengan menelusuri gang-gang sempit yang dihimpit oleh batu kapur.

2. Curug Cibaliung

wisata alam bogor
Curug Cibaliung (Sumber: Eksplorwisata)

Curug atau air terjun merupakan salah satu lokasi favorit bagi para wisatawan alam. Curug Cibaliung adalah salah satu curug yang eksotis karena kejernihan air dan dikelilingi oleh pepohonan rindang. Selain itu, Curug Cubaliung juga masih belum terjamah oleh para wisatawan luas sehingga bagi kamu yang tidak ingin ramai-ramai, maka Curug Cibaliung adalah jawabannya

3. Goa Agung Garunggang

wisata alam bogor
Garunggang (Sumber: Hargatiket)

Wisata alam Bogor yang satu ini menyediakan ‘layanan komplit’. Bagaimana tidak, sebelum sampai lokasi pun kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata. Jalur menuju lokasi dipenuhi dengan perkebunan, sawah, dan sungai yang meliuk.

Goa terbentuk karena aktifitas alam selama bertahun-tahun, sehingga menghasilkan wisata alam yang sangat indah. Kamu bisa mengabadikan keindahan alam di luar goa, karena ketika masuk goa cahaya akan semakin sedikit. Ohya, jangan lupa untuk meminta tolong warga memandu ya!

4. Curug Bidadari

wisata alam bogor
Curug Bidadari (Sumber: Investor Daily)

Tahukah kamu bila sebelumnya curug ini bernama curug Bojongkoneng? Saat ini meskipun sudah dibangun waterpark di bawah curug Bidadari, kamu masih bisa menikmati nuansa alam yang kental di sekitar air terjun ini.

Curug ini kini dikelola oleh Sentul Paradise Park sehingga wisata alam Bogor yang satu ini cenderung lebih terawat dan memiliki lebih banyak fasilitas.

5. Gunung Pancar

wisata alam bogor
Gunung Pancar (Sumber: Native Indonesia)

Di Gunung Pancar, kamu bisa menikmati wisata alam Bogor yang dikelilingi hutan pinus serta udara yang sangat sejuk! Terdapat pula pemandian air panas yang bisa kamu nikmati sembari menghabiskan waktu liburan. Selesai berendam, kamu bisa menjelajahi hutan pinus dan mengabadikan setiap jejak alam yang eksotis di wisata ini.

6. Curug Bengkok Leuwi Hejo

wisata alam bogor
Curug Bengkok Leuwi Hejo (Sumber: Lima Kaki)

Berbeda dengan wisata sebelumnya, air terjun ini cukup ‘mini’ namun menawarkan air sungai yang berwarna hijau toska. Asiknya, kamu bisa menceburkan diri dan berendam sambil mengamati bebatuan alami di sekeliling air terjun.

Waktu terbaik untuk mengunjungi curug ini adalah saat musim kemarau. Jalan cenderung becek dan arus cukup deras saat musim penghujan.

7. Leuwi Lieuk

wisata alam bogor
Leuwi Lieuk (Sumber: bobobox)

Wisata alam Bogor ini merupakan lubuk sungai yang tersembunyi di pedalaman Bogor dan jarang dikunjungi. Pemandangannya sangat indah, penuh dengan bebatuan yang memantulkan warna kehijauan dari air sungai yang jernih. Jalan menuju Leuwi Lieuk ini pun mengelilingi tebing sehingga menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi lokasi ini.

Ohya, air di Leuwi Lieuk ini cukup dalam, jika tidak pandai berenang sangat tidak disarankan untuk ikut menceburkan diri, ya!

8. Danau Quarry Jayamix

wisata alam bogor
Danau Quarry Jayamix (Sumber: Data Wisata)

Siapa sangka bahwa danau yang indah ini dulunya merupakan bekas penambangan pemecah batu beton? Dikarenakan mengganggu warga, akhirnya penambangan tersebut pun tutup.

Nah, danau ini terbentuk akibat cekungan yang terbengkalai dan menampung air hujan selama bertahun-tahun. Warna air toska ditambah tebing batu yang mengelilingnya menjadi latar yang indah untuk diabadikan. Jangan lupa membawa tabir surya dan payung agar tidak kepanasan, ya!

9. Pemandian Tirta Sanita Ciseeng

wisata alam bogor
Pemandian Tirta Sanita Ciseeng (Sumber: Jejak Piknik)

Pemandian air panas menjadi pilihan favorit keluarga saat berlibur, khususnya para lansia yang bisa melemaskan otot saat berendam di air panas. Menariknya, pemandian Tirta Sanita Ciseeng ini juga memiliki kandungan belerang alami yang bisa membantu mengatasi penyakit kulit, lho!

Tidak hanya pemandian, kamu juga bisa mengikuti serangkaian aktivitas outbound, menaiki perahu, dan bermain di zona anak-anak. Tidak ketinggalan kamu juga bisa berfoto di wisata alam Bogor yang satu ini karena alamnya yang sangat indah.

10. Pemandian Gunung Peyek

wisata alam bogor
Pemandian Gunung Peyek (Sumber: KSM Tour)

Tidak hanya pemandian Tirta Sanita Ciseeng, Gunung Peyek juga memiliki pemandian alami dengan konsep yang sangat unik. Terdapat ceruk-ceruk yang berisi air panas tempat kamu bisa berendam sambil memandangi pemandangan yang dikelilingi oleh persawahan. Karena lokasinya sangat alami, maka wisata alam Bogor yang satu ini wajib kalian kunjungi, ya!

Nah, itu dia 10 rekomendasi wisata alam Bogor terbaik yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Sambil mempersiapkan perjalanan pulang, ada baiknya mampir sejenak di Lapis Bogor Sangkuriang untuk membeli oleh-oleh. Mulai dari harga Rp18.000, kamu bisa membawa pulang oleh-oleh favorit kota Bogor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?