Bogor menjadi salah satu kota yang berinovasi dalam perkembangan wisata kulinernya. Tidak heran jika banyak orang menghabiskan akhir pekan mereka untuk berburu kuliner yang beraneka macam itu. Meskipun inovatif, namun kuliner yang sudah ada dari 3 dekade lalu pun masih eksis hingga saat ini, lho. Artikel ini berisi informasi mengenai kuliner legendaris Bogor yang tidak kalah nikmatnya dari kuliner kekinian yang menjamur di Kota Hujan.

1. Soto Mie Mang Ohim

kuliner legendaris bogor
Soto Mie Mang Ohim (Sumber: Bogor.Net)

Kuliner legendaris Bogor yang satu ini termasuk unik karena konsep soto dan mie dipadukan menjadi satu. Jika berkunjung ke Bogor, jangan lupa mencicipi kuliner ini, ya.

Salah satu yang terkenal dan eksis hingga saat ini adalah Soto Mie Mang Ohim yang berlokasi di Jalan Taman Cimanggu Raya Nomor 22, Kedung Waringin, Tanah Sareal, Bogor.

Dalam semangkuk hidangan soto mie legendaris ini, kamu bisa merasakan potongan daging, kriuknya risol, dan mie kuning yang disiram dengan kuah segar. Kuahnya pun kaya akan rasa rempah yang membuat hidangan Soto Mie Mang Ohim berbeda dari yang lain.

2. Soto Kuning Pak Yusuf

kuliner legendaris bogor
Soto Kuning Pak Yusuf (Sumber: Pontas)

Manjakan lidahmu dengan hidangan Soto Kuning Pak Yusuf yang berlokasi di Gang Aut. Rasa sotonya begitu lezat dan gurih, ditambah dengan potongan daging yang juga melimpah membuat lidahmu bergoyang dalam suapan pertama. 

Berdiri sejak 1977, Soto Kuning Pak Yusuf ini digemari oleh banyak orang. Mulai dari wisatawan hingga warga lokal, semua berbondong-bondong dan rela mengantri untuk mendapatkan santapan khas legendaris ini.

3. Martabak Encek Surya Kencana

kuliner legendaris bogor
Martabak Encek Surya Kencana (Sumber: Pegipegi)

Untuk kamu yang gemar dengan cemilan manis dan penggemar martabak manis garis keras, wajib banget nyobain Martabak Encek Surya Kencana yang sudah melegenda kenikmatannya!

Bertempat di dekat perempatan Gang Aut – Suryakencana, jajanan kaki lima ini selalu ramai dipenuhi dengan pembeli mulai dari jam bukanya pada pukul 14.00.

Proses pembuatannya yang masih terbilang tradisional menambah keunikan dari Martabak Encek. Adonan martabak dimasak masih dengan menggunakan arang, sehingga menciptakan rasa yang otentik dan khas. Meskipun memakan waktu yang lebih lama, namun rasa yang ditawarkan tidak main-main. 

Martabak Encek bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp40.000.

4. Lumpia Basah Surya Kencana

kuliner legendaris bogor
Lumpia Basah Surya Kencana (Sumber: Tribun News Bogor)

Di Bogor juga terdapat lumpia yang menjadi kuliner legendaris sejak tahun 1972. Kalau kamu menyusuri Jalan Suryakencana, siap-siap mencium aroma lumpia basah yang menggoda selera.

Jajanan ini memiliki isian sederhana, yaitu tahu goreng, tauge, telur, dan bengkoang yang dilumuri dengan bumbu khas. Namun soal rasa, bukan main nendangnya! Kelezatan di dalam balutan kulit lumpia ini membuat orang-orang rela antri untuk mendapatkan lumpia basah mereka. 

Untuk membuktikan kenikmatan dari kuliner legendaris Bogor yang satu ini, jangan lupa untuk mampir ke Lumpia Basah Surya Kencana yang terletak di Jalan Suryakencana Nomor 98.

5. Sate Sumsum Pak Oo

kuliner legendaris bogor
Sate Sumsum Pak Oo (Sumber: Travel Kompas)

Jalan Suryakencana memang menjadi pusat kuliner khas Bogor. Di setiap penjuru jalannya, kamu pasti bisa mendapatkan santap yang lezat dan nikmat untuk memuaskan perutmu.

Satu lagi hidangan legendaris dari Kota Hujan yang terletak di Jalan Suryakencana nomor 193, yaitu Sate Sumsum Pak Oo yang sudah berdiri sejak 1965.

Hidangan sate yang ditawarkan di tempat ini berbeda dari tempat lain, karena sate sumsum tulang belakang sapi dan sate ginjal menjadi primadona yang digemari banyak orang.

Saat ini yang melanjutkan usaha Pak Oo adalah cucu yang masih menjadi keturunannya. Meski begitu, resep originalnya masih dipertahankan sehingga cita rasanya pun tidak pernah berubah.

6. Cungkring Pak Jumat

kuliner legendaris bogor
Cungkring Pak Jumat (Sumber: AyoBogor.com)

Masih di Jalan Suryakencana, ada lagi nih kuliner unik yang melegenda. Cungkring Pak Jumat namanya. Dalam bahasa Sunda, “cungkring” artinya “kikil”. 

Apa saja isi dari hidangan cungkring ini? Kamu mendapatkan kikil (ada juga kulit dan urat sapi) yang dimasak bumbu kuning, kemudian dicampur dengan lontong, tempe goreng dan juga rempeyek. Diatasnya disiram bumbu kacang yang mirip dengan bumbu sate.  

Rasanya tentu saja nikmat di mulut! Biasanya, cungkring ramai disantap para pembeli sebagai hidangan sarapan. Makanan kaki lima ini sudah buka pada jam 07.00. Ayo, serbu!

7. Bubur Ayam Kabita

kuliner legendaris bogor
Bubur Ayam Kabita (Sumber: Travelingyuk.com)

Bubur ayam yang satu ini selain hits di kalangan warga lokal juga menjadi kuliner legendaris di Bogor, lho.

Pembeda dari bubur ini dengan bubur lainnya terletak di bumbu kuah kaldunya. Bubur Ayam Kabita memiliki rasa rempah yang kuat pada bumbu kaldu yang disiram di atas bubur. Suiran ayamnya juga melimpah ruah.

Kalau kamu tertarik mencicipi santapan legendaris ini, kunjungi saja kedainya di Jalan Raya Gunung Batu Nomor 67.

8. Sop Buah Pak Ewok

kuliner legendaris bogor
Sop Buah Pak Ewok (Sumber: ksmtour.com)

Satu lagi kuliner legendaris Bogor yang jadi serbuan para pembeli: Sop Buah Pak Ewok. Perpaduan dari buah-buahan segar yang melimpah dicampur dengan susu dijamin akan memanjakan lidah dan tenggorokan kamu.

Disamping sop buah yang menjadi ikon utama kuliner segar ini, orang-orang juga sering memesan sop durian yang rasanya juga gak kalah mantap!

Kini Sop Buah Pak Ewok membuka dua cabang, yaitu di IPB Botani dan Jalan Haur Jaya. Silakan saja pilih salah satu diantaranya yang paling dekat dengan tempatmu karena keduanya sama-sama enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?