Berlibur ke Taman Safari Cisarua bisa kamu jadikan opsi saat hendak mengisi weekend atau hari libur. Berinteraksi dengan para satwa di Taman Safari pasti menjadi pengalaman yang seru dan asik. Namun sebelum kamu meluncur ke wilayah puncak, pastikan untuk membaca beberapa tips wisata ke Taman Safari Bogor yang ada di artikel ini, ya!

1. Datang lebih pagi

tips ke taman safari bogor
Datang lebih pagi (Sumber: Qupas Travel)

Taman Safari Cisarua terletak di wilayah puncak, dimana tempat itu bisa jadi sarang kemacetan saat long weekend maupun liburan nasional. Kalau berangkatnya siang, siap-siap saja menunggu lama di jalan karena terkena jadwal buka-tutup lalu lintas di puncak.

Oleh karena itu, disarankan untuk berangkat lebih pagi agar bisa meminimalisir terkena kemacetan di jalan. Selain bisa terhindar dari macet, kamu sekeluarga bisa menikmati liburan di Taman Safari dengan waktu yang lebih lama. 

Kamu bisa melihat para hewan sedang makan dan masih bertenaga untuk bercengkrama dengan sesamanya. Kalau kamu datangnya siang, biasanya hewan-hewan ini sudah malas dan memilih untuk tidur.

2. Sedia payung atau jas hujan

tips ke taman safari bogor
Sedia payung (Sumber: Unsplash)

Pepatah “sedia payung sebelum hujan” jadi salah satu tips wisata ke Taman Safari Bogor.

Cuaca tidak bisa ditebak, terkadang bisa terik namun juga bisa turun hujan dengan deras. Untuk itu, lebih baik kamu membawa payung atau jas hujan sendiri sebelum meluncur ke Taman Safari. Sebenarnya di area Taman Safari ada yang menjual payung, namun kamu bisa menghemat pengeluaran dengan membawa sendiri dari rumah.

3. Bawa uang tunai secukupnya

tips ke taman safari bogor
Bawa uang cash (Sumber: Life Pal)

Sebelum berkunjung, jangan lupa untuk membawa cash secukupnya, ya. Untuk masuk ke Taman Safari, harga tiket dimulai dari Rp195.000.

Kalau kamu membawa mobil pribadi, akan dikenai biaya Rp15.000. Namun kamu tidak perlu membayar uang parkir lagi.

4. Untuk menghemat, bawa buah dan sayuran sendiri untuk pakan hewan

tips ke taman safari bogor
Membawa sayur untuk pakan hewan (Sumber: Suara.com)

Berkunjung ke Taman Safari identik dengan memberi makan kepada mereka saat kendaraan yang kamu naiki sedang berjalan.

Biasanya, saat kendaraan melintasi jajaran hewan-hewan herbivora, pengunjung diperbolehkan membuka jendela kendaraan untuk memberi makanan kepada para hewan.

Biar lebih hemat, kamu bisa lho membawa sayuran atau buah sendiri dari rumah untuk memberi makan kepada hewan-hewan liar ini.

Jangan lupa untuk tetap menjaga keamanan bersama, ya. Dalam artian tidak menakut-nakuti para hewan ini dengan membuat mereka merasa terancam. Berilah mereka makan sesuai dengan peraturan yang diberikan oleh petugas.

5. Jangan lupa bawa kamera, ya!

tips ke taman safari bogor
Bawa kamera (Sumber: Unsplash)

Ini dia barang yang tidak boleh ketinggalan bagi para generasi millennials. Pastikan untuk membawa kamera agar kamu bisa mengabadikan momen saat berada di Taman Safari, ya!

Disini kamu juga diperbolehkan mengambil pose bersama beberapa hewan tertentu yang diizinkan untuk diambil gambarnya.

Pastikan juga baterainya terisi penuh agar tidak kehabisan baterai sebelum perjalanan liburanmu berakhir.

6. Nikmati wahana permainan dan arena pertunjukan

tips ke taman safari bogor
Nikmati wahana permainan (Sumber: Hargatiket)

Harga tiket yang kamu beli di awal sudah termasuk dengan harga tiket beberapa wahana permainan dan arena pertunjukan.Sebaiknya, manfaatkan hal itu untuk menikmati keseruan yang ditampilkan di arena pertunjukan maupun pengalaman bermain di wahana permainan secara gratis.

Jadwal pertunjukan biasanya tertera pada peta lokasi yang diberikan saat pertama kali masuk dari loket pembayaran. Pertunjukannya meliputi atraksi gajah, Tiger Show, Birds of Prey, Cowboy Show, Sea Lions Show, Dolphin Show, Globe of Death, hingga Safari Theatre. 

Selain itu kamu juga bisa bersenang-senang di wahana permainan yang ada di area Taman Safari yang tentunya tidak kalah seru dari pertunjukan binatang. 

7. Biar lebih hemat lagi, bawa bekal makan siang sendiri

tips ke taman safari bogor
Membawa bekal makan siang sendiri (Sumber: Unsplash)

Semua atraksi hewan akan dihentikan setiap jam 12 siang. Petugas memberi kesempatan bagi pengunjung untuk beristirahat sejenak atau untuk santap siang.

Kalau kamu dalam budget terbatas, salah satu tips wisata ke Taman Safari Bogor adalah dengan membawa bekal makan siang dari rumah.

Selain kamu tidak perlu repot-repot memesan makanan di resto terdekat dan harus menunggu lama untuk mendapatkan menu makan siangmu, membawa bekal sendiri tentu bisa lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?