Bogor merupakan salah satu destinasi favorit para warga ibukota. Tidak hanya jaraknya yang terjangkau, namun juga deretan lokasi wisata Bogor kota yang bisa kamu nikmati untuk menghabiskan liburan maupun sekadar refreshing. Tidak mengherankan jika antrian mobil menuju Bogor bisa menyebabkan macet yang panjang!

Memang ada apa saja sih di Bogor? Berikut 7 wisata Bogor kota yang bisa kamu kunjungi, catat ya!

1. Kebun Raya Bogor

wisata kota Bogor
Kebun Raya Bogor (Sumber: Datawisata)

Berkunjung ke Bogor tidak lengkap bila tidak mengunjungi tempat wisata Bogor kota yang satu ini. Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani besar yang ramai dikunjungi sebagai destinasi wisata favorit keluarga. Selain itu Kebun Raya Bogor juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan perlindungan tanaman-tanaman dari seluruh Indonesia.

Di Kebun Raya Bogor, kamu bisa berfoto dengan bunga bangkai terbesar di dunia yang sangat langka, lho! Jangan khawatir kepanasan karena sesuai namanya, kebun raya ini dikelilingi oleh pepohonan bahkan usianya mencapai ratusan tahun. Tiketnya sangat terjangkau yaitu Rp15.000 per orang dengan jam buka mulai dari pukul 08.00.

2. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

wisata kota Bogor
Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Sumber: LIPI)

Museum yang juga sering disebut Munasain ini termasuk wisata Bogor kota yang tergolong baru setelah revitalisasi. Kamu bisa mempelajari alam Indonesia seperti keragaman hayati dan tipe ekosistem yang ada di Indonesia. Munasain juga telah mengimplementasikan sistem interaktif dalam mempelajari pengetahuan di dalamnya, seperti menggunakan televisi dan layar sentuh.

Bagi kamu yang menggemari ilmu alam atau ingin berwisata sambil belajar, tidak ada salahnya mengunjungi Munasain yang buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Tiket masuknya sangat murah, hanya Rp2.000 saja, lho!

3. Jungleland Adventure Theme Park

wisata kota Bogor
Jungleland Adventure Theme Park (Sumber: Tribunnews)

Kalau Jakarta punya Dufan, maka wisata Bogor kota punya Jungleland Adventure Theme Park. Dengan luas 35 hektar, kamu bisa menguji adrenalinmu dengan mencoba 33 wahana permainan di dalamnya! Mulai dari yang mendebarkan hingga edukatif, Jungleland Adventure Theme Park menawarkan liburan seru komplit untuk satu keluarga.

Dari stasiun, kamu bisa mengendarai atau menyewa mobil untuk menuju Jungleland Adventure Theme Park selama 30 menit melalui tol. Jungleland Adventure Theme Park buka mulai dari 10.00 hingga 18.00.

4. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

wisata kota Bogor
Rumah Air Bogor (Sumber: Travelspromo)

Jika kamu sedang mencari tempat bersantap yang teduh dan berbeda dari biasanya, kamu bisa coba Rumah Air Bogor yang terletak di daerah Bogor Nirwana Residence. Di Rumah Air ini kamu bisa merasakan sejuknya makan siang atau malam di atas saung kayu yang dikelilingi air.

Bagi yang membawa anak kecil, Rumah Air merupakan tempat yang pas karena memiliki wahana permainan lengkap seperti Istana Balon, Becak Mini, dan area outbond serta kolam memancing yang lengkap. Rumah Air Bogor buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00.

5. Devoyage

wisata kota Bogor
Devoyage (Sumber: Devoyage)

Tidak jauh dari Rumah Air Bogor, kamu bisa “berpindah” lokasi ke Eropa. Tentu saja karena ada Devoyage yang menawarkan suasana khas Eropa. Kamu bisa mengunjungi menara Eiffel hingga kanal berkelok ala Venesia. Tidak mengherankan jika Devoyage menjadi destinasi wisata Bogor kota favorit bagi para Instagrammers.

Jangan lewatkan suasana ke “Kampung Eropa Bogor” dengan jam buka mulai 09.00 hingga 19.00. Kamu juga bisa menikmati makanan ala western di Deresto.

6. Taman Ekspresi Lapangan Sempur

wisata kota Bogor
Taman Ekspresi (Sumber: Amalia Solekha)

Taman ini berada tidak jauh dari Stasiun Kota Bogor sehingga wajib mampir untuk sekadar berfoto atau bersantai. Taman ini merupakan tempat warga Bogor untuk mengekspresikan aksi seperti teater dan seni lain. Kamu akan melihat tempat duduk berundak yang menyerupai amfiteater berlangsungnya acara kesenian.

Asiknya, di taman ini kalian tidak perlu takut kelaparan karena banyak sekali penjaja makanan mulai ringan hingga berat yang siap menjadi penyelamat perut kelaparan. Selain itu Taman Ekspresi Sempur juga sudah memiliki WC dan mushola sehingga tidak ada alasan untuk tidak mampir!

7. Istana Negara Bogor

wisata kota Bogor
Istana Negara Bogor (Sumber: Datawisata)

Istana Negara Bogor merupakan wisata Bogor kota yang lokasinya berdampingan dengan Kebun Raya Bogor. Salah satu aktivitas yang khas di istana ini adalah memberi makan rusa yang tinggal di istana negara dengan wortel yang dijajakan oleh pedagang di sekitar istana.

Saat ini, Istana Negara Bogor menjadi rumah hunian Presiden Joko Widodo beserta keluarga. Jika kamu beruntung, kamu bisa menyapa Bapak Presiden, lho!

Itulah 7 rekomendasi wisata Bogor kota yang bisa kamu kunjungi saat liburan panjang maupun akhir pekan. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Bogor seperti Lapis Bogor Sangkuriang yang bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh Bogor. Sampai jumpa di Bogor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?