Jika kamu sedang berwisata ke daerah lain, membawakan oleh-oleh seolah menjadi tradisi wajib. Bagaimana tidak, oleh-oleh yang kamu bawa menunjukkan perhatianmu kepada mereka serta menjaga tali silaturahmi. Hal inilah yang dilirik oleh pelaku usaha sebagai kesempatan menjajakan oleh-oleh, termasuk berlomba-lomba menawarkan inovasi paling menarik.

Nah, saat berada di Bogor, tidak ada salahnya kamu mencoba oleh-oleh Bogor kekinian yang sudah kami rangkum untukmu. Sudah coba yang mana saja nih?

1. Kaos Unchal

oleh-oleh bogor kekinian
Kaus Unchal (Sumber: Bukalapak)

Kaus asli daerah kunjungan wisata seolah menjadi oleh-oleh wajib, seolah menunjukkan eksistensi bahwa kamu baru saja mengunjungi kota tersebut. Apalagi bagi para Instagrammers, Kaus Unchal yang merupakan oleh-oleh Bogor kekinian wajib kamu miliki. Bagaimana tidak, dengan kata-kata yang merupakan paduan bahasa Indonesia, Inggris, dan Sunda sangat menggelitik sehingga kamu wajib untuk mengunggahnya di Instagram!

Menariknya, kaus ini berkisar hanya dari Rp 70.000 hingga Rp 100.000 saja dengan lebih dari 40 desain kaus. Kamu bisa dapatkan kaus Unchal di Kandang Unchal yang tersebar di seluruh Bogor dengan pusat toko berada di Jl. Ciremai, no. 1, Taman Kencana Kota Bogor.

2. Batik Bogor

oleh-oleh bogor kekinian
Batik Bogor (Sumber: The Jakarta Post)

Jangan salah, Bogor juga memiliki batik khasnya sendiri, lho! Oleh-oleh Bogor kekinian yang satu ini memiliki motif seperti hujan gerimis, istana, kujang atau senjata tradisional Sunda, dan masih banyak lagi. Batik Bogor ini merupakan hasil karya Bapak Siswaya yang kemudian diapresiasi dan dipatenkan oleh Walikota Bogor sebagai oleh-oleh khas.

Menariknya, di rumah industri Batik Bogor Kreasiku semua bahan baku harus habis menjadi produksi lain seperti tempat pensil, sandal, tas, pot bunga, bahkan helm bercorak batik. Usaha ini membuahkan penghargaan Green Industry yang disematkan kepada Batik Bogor karena kesuksesannya menghindari bahan sisa berlebih yang sia-sia. Sudah tidak diragukan lagi, bukan? Yuk mampir ke Jl. Jalak No. 2, Kota Bogor!

3. Roti Unyil Venus

oleh-oleh bogor kekinian
Roti Unyi Venus (Sumber: JejakPiknik.com)

Meskipun Roti Unyil Venus sudah hadir sejak 1992, namun variasi dan inovasinya yang terus berkembang menjadikannya sebagai oleh-oleh Bogor kekinian yang tidak pernah dilupakan. Kenapa disebut roti unyil? Karena ukuran roti ini benar-benar mini, hanya sekitar 5 cm! Tujuannya adalah agar konsumen bisa menikmati dalam sekali lahap.

Dengan lebih dari 57 varian rasa, kamu bisa mencicipi Roti Unyil Venus di Venus Bakery yang berlokasi di Jl. Raya Pajajaran no. 1 mulai dari jam 6 pagi hingga 9 malam.

4. Macaroni Panggang Bogor

oleh-oleh bogor kekinian
Macaroni Panggang Bogor (Sumber: PergiKuliner.com)

Macaroni Panggang Bogor menawarkan inovasi oleh-oleh Bogor kekinian yang terinspirasi oleh western style food. Sekilas Macaroni Panggang Bogor mirip dengan macaroni schotel yang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia. Namun tekstur Macaroni Panggang Bogor lebih kering dan lembut serta dipenuhi oleh parutan keju panggang yang sungguh nikmat!

Kamu bisa mendapatkan Macaroni Panggang Bogor di toko Macaroni Panggang yang berlokasi di Jl. Salak no. 24, Babakan, Taman Kencana. 

5. Lapis Bogor Sangkuriang

oleh-oleh bogor kekinian
Lapis Bogor Sangkuriang (Sumber: Bogoh Bogor)

Oleh-oleh Bogor kekinian yang satu ini sedang menjadi bahan pembicaraan di kalangan milennials. Bagaimana tidak, Lapis Bogor Sangkuriang mengkombinasikan bahan baku talas yang menjadi komoditi khas Bogor dengan topping kekinian yang nikmat dan lezat.

Lapis Bogor Sangkuriang memiliki 9 variasi rasa yaitu Original Keju, Chocovilla, Cocopandan Keju, Talas Susu, Kopi Susu, Original Ekstra Keju, Pisang Cokelat Keju, Chocovilla Keju, dan Brownies Keju. Semuanya dibuat dengan bahan kualitas terbaik serta memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok dinikmati oleh semua usia.

Menariknya, Lapis Bogor Sangkuriang baru saja mengeluarkan inovasi terbaru yaitu Lapis Bunder yang berbentuk seperti donat dengan 2 toping keju atau cokelat yang lezat. Sudah tidak sabar membawa Lapis Bogor Sangkuriang sebagai oleh-oleh? Kamu bisa mengunjungi outlet dan toko oleh-oleh di Bogor dengan harga mulai dari Rp 18.000 saja!

Nah, sekarang kamu sudah tahu 5 oleh-oleh Bogor kekinian yang bisa kamu bawakan untuk sanak saudara di kota asal. Jangan lupa beli oleh-oleh, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat