Bogor menjadi salah satu destinasi liburan bagi wisatawan karena terkenal dengan wilayah puncaknya. Ada banyak sekali pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Bogor tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Berikut adalah informasi mengenai tempat wisata Bogor yang murah sebagai rekomendasi liburanmu.

1. Kebun Raya Bogor

wisata bogor yang murah
Kebun Raya Bogor (Sumber: Ping Point)

Kebun Raya Bogor merupakan destinasi wisata yang menawarkan kesegaran alam dan berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Sekitar 15.000 tanaman asli Indonesia dan dunia ditanam di kebun ini guna kepentingan penelitian.

Bertempat di belakang Istana Bogor, Kebun Raya memiliki Griya Anggrek yang ditanami oleh ratusan spesies anggrek dari Indonesia maupun hibrid. Selain itu, ada juga Taman Meksiko yang berisi tanaman-tanaman khas dari gurun seperti kaktus, yucca, agave, dan tumbuhan sukulen lainnya.

Berada di Griya Anggrek dan Taman Meksiko yang berada di Kebun Raya seperti membawamu pada belahan dunia lain karena keduanya sangat indah dan menarik. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam jika kamu mengunjungi Kebun Raya.

Kalau kamu merupakan wisatawan maupun warga lokal yang ingin menikmati keindahan tumbuh-tumbuhan dan kesegaran alam, kamu tidak perlu membayar mahal karena tarif yang dikenakan berkisar Rp15.000 saja. Kebun Raya Bogor buka setiap hari mulai dari jam 07.00 hingga 17.00.

2. Wisata Bogor yang murah dengan sentuhan alam: Hutan Pinus Gunung Pancar

wisata bogor yang murah
Hutan Pinus Gunung Pancar (Sumber: Hipwee)

Selain Kebun Raya Bogor, Gunung Pancar juga menjadi salah satu ikon wisata yang terkenal murah meriah. Dipenuhi dengan ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan sekaligus kesejukan alam di Gunung Pancar.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas outbound yang tersedia setiap hari, bahkan dapat membangun tenda untuk camping! Kamu yang memiliki jiwa-jiwa petualang mungkin akan menyukai tempat ini. Disini juga banyak pengunjung yang melakukan aktivitas fisik seperti jogging, bersepeda, hingga berkuda.

Kalau kamu tidak tertarik dengan aktivitas outbound dan menjelajah alam, kamu bisa datang untuk menikmati suguhan alamnya saja. Beberapa pengunjung gemar melakukan photoshoot di kawasan ini.

Kamu tertarik? Silakan meluncur ke Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung Pancar dibuka setiap hari dengan tarif masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 untuk akhir pekan.

3. Museum Zoologi

wisata Bogor yang murah
Museum Zoologi (Sumber: Pesona Travel)

Bagi yang penasaran untuk mengunjungi situs sejarah atau tempat yang juga memberi edukasi, Museum Zoologi patut dicoba sebagai destinasi wisata Bogor yang murah.

Museum Zoologi berlokasi di dalam wilayah Kebun Raya Bogor. Sejak 2008 silam, museum ini sudah tidak dikenakan biaya masuk karena sudah termasuk dengan biaya tiket Kebun Raya Bogor. Jadi kalau kamu mengunjungi Kebun Raya Bogor, kamu juga bisa mampir ke Museum Zoologi secara gratis.

Di dalam museum ini terdapat puluhan ribu koleksi fosil dan hewan yang diawetkan. Koleksinya pun beragam sehingga kamu mendapatkan informasi dan edukasi yang lebih banyak seputar hewan-hewan yang diawetkan dan menjadi fosil tersebut.

4. Air Terjun Bidadari

wisata Bogor yang murah
Air Terjun Bidadari (Sumber: Daka Tour)

Untuk kamu yang suka dengan tempat wisata permandian, rekomendasi wisata Bogor yang murah ini mungkin akan menjadi pilihanmu. Air Terjun Bidadari terletak di dalam kawasan Sentul Paradise Park. Air terjun ini diminati oleh banyak wisatawan maupun warga lokal.

Air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini bersumber dari mata air yang berada di daerah tersebut. Area sekitar air terjun pun dibuat menyerupai kolam sehingga terlihat seperti kolam renang besar yang berada di hutan lindung. 

Selain kolam utamanya, ada pula kolam arus (wave pool) dan juga kolam anak-anak (lazy pool) yang tersedia.

Untuk memasuki wisata yang satu ini, kamu cukup membayar Rp20.000/orang pada hari biasa dan Rp30.000/orang pada akhir pekan. Menikmati air terjun sambil berenang di kawasan hutan lindung tentu merupakan pengalaman yang worth it dengan biaya tiket seharga itu.

5. Penangkaran Rusa Cariu

wisata Bogor yang murah
Penangkaran Rusa Cariu (Sumber: Travels Promo)

Wisata Bogor yang murah selanjutnya adalah Penangkaran Rusa Cariu. Ternyata penangkaran rusa ini sudah didirikan sejak tahun 1993, lho.

Meski sudah menjadi destinasi wisata sejak dulu kala, Penangkaran Rusa Cariu masih termasuk ke daftar tempat wisata hits yang ada di Bogor. Ini dikarenakan biaya masuk ke tempat ini murah meriah dan menawarkan kegiatan menarik di dalamnya.

Kalau selama ini kamu hanya bisa melihat rusa di balik layar kaca atau jeruji besi, di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, kamu bisa langsung berinteraksi dengan rusa-rusa yang sudah jinak. Kamu diperbolehkan untuk memberi makan dan juga mengambil foto dengan para rusa yang lucu dan cantik.

Untuk bisa sampai pada destinasi ini, kamu perlu melewati medan perjalanan yang cukup menantang sebab jalannya yang terjal dan licin. Oleh karena itu, wisatawan lebih disarankan berangkat menggunakan mobil daripada dengan motor. Biaya tiket masuk hanya dikenakan Rp.10.000/orang.

Namun harus tetap ingat untuk tidak menyakiti hewan serta menjaga kebersihan dan keamanan bersama ya!

6. Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng

wisata Bogor yang murah
Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng (Sumber: Airy Rooms Blog)

Bogor juga ternyata memiliki pemandian air panas, lho. Namanya Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng, bertempat di Desa Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor.

Tempat yang satu ini cocok buat kamu kunjungi saat akhir pekan untuk membantu relaksasi setelah penat melakukan aktivitas selama hari kerja. 

Konon katanya air panas di Sanita Ciseeng ini mengandung belerang alami yang berkhasiat untuk kulit dan kesehatan tulang. Pemandian air panas ini juga bisa dimasuki oleh orang dewasa dan anak-anak.

Selain memanjakan diri dengan berendam air panas, disini juga tersedia area outbound, permainan anak-anak, serta beragam terapi seperti terapi lintah, ikan, hingga bekam.

Untuk memasuki Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng ini kamu cukup menyediakan uang Rp12.000 untuk orang dewasa dan Rp8.000 untuk anak-anak. Namun untuk masuk ke kolam pemandian, kamu perlu membayar lagi.

7. Taman Bunga Nusantara, wisata Bogor yang murah nan asri

wisata Bogor yang murah
Taman Bunga Nusantara (Sumber: Trip Jalan Jalan)

Rekomendasi tempat wisata murah yang terakhir adalah Taman Bunga Nusantara yang berada di Jalan Mariwati KM. 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Tempat ini menawarkan suasana damai dan syahdu karena dikelilingi dengan bunga-bunga cantik yang bermekaran. Suara gemercik air juga terdengar di kawasan ini yang menambah kesan tenang. 

Setiap bagian dari Taman Bunga Nusantara memiliki tema tersendiri yang terinspirasi dari tempat-tempat di dunia, seperti Belanda, Perancis, Jepang, Mediterania, dan juga Bali.

Di taman ini juga dilengkapi dengan danau yang berisi angsa-angsa cantik yang berenang di dalamnya. Kabarnya, angsa-angsa cantik ini berasal dari Australia dan Eropa. Kawasan ini disediakan banyak gazebo untuk beristirahat sejenak jika pengunjung kelelahan.

Selain bunga-bunga yang indah juga danau dengan angsa-angsa cantik, yang menjadi daya pikat Taman Bunga Nusantara adalah adanya Secret Labyrinth yang berada di tengah-tengah taman. 

Kalau kamu masuk ke dalam labirin itu, kamu dihadapkan dengan lorong-lorong yang mengarahkanmu menuju jalan keluar atau justru menemui jalan buntu. Tapi jangan khawatir ya, ada petugas yang berjaga di atas menara untuk membantumu keluar jika tersesat.

Biaya masuknya cukup terjangkau. Kamu hanya perlu budget Rp30.000 untuk memasuki Taman Bunga Nusantara yang syahdu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat