Apa rencanamu di akhir pekan nanti bersama si buah hati? Kalau kamu berniat mengunjungi Bogor yang memiliki keindahan alam dan kesejukan udara untuk mengisi waktu liburan, artikel ini akan membantumu memilih destinasi wisata Bogor yang ramah untuk anak-anak.

1. Wisata Bogor untuk anak-anak yang pertama: Taman Buah Mekarsari

wisata Bogor untuk anak-anak
Taman Buah Mekarsari (Sumber: Batiqa Hotels)

Jika ingin mengajak anak-anak liburan ke tempat yang rimbun namun tetap memberi edukasi, ajak saja ke Taman Buah Mekarsari. Taman seluas 264 hektar ini ditumbuhi dengan beragam jenis tumbuhan, mulai dari bunga-bunga, sayur-sayuran, dan buah-buahan. 

Disini anak-anak bisa menambah edukasi mereka mengenai tumbuh-tumbuhan. Selain itu, di Taman Buah Mekarsari juga tersedia Hobbit House, Rabbit House, penunggangan kuda, juga wahana bermain yang menguji nyali namun tetap aman untuk anak-anak. 

Bagaimana, tertarik mengajak anak-anak berlibur kemari? Kunjungi saja Taman Buah Mekarsari di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM 3, Mekarari, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

2. Taman Safari Bogor

wisata Bogor untuk anak-anak
Taman Safari Bogor (Sumber: Korina Tour)

Wisata Bogor untuk anak-anak selanjutnya adalah tempat dimana anak-anak bisa bertemu dengan hewan-hewan secara langsung: Taman Safari Bogor.

Kamu tidak perlu jauh-jauh mengajak buah hati untuk melihat hewan-hewan liar ini ke Afrika, karena di Bogor pun bisa. Menariknya, kamu juga bisa langsung memberi makan dan berfoto ria bersama para hewan ini, lho.

Salah satu wahana terbaru dan menjadi hits di Taman Safari Bogor adalah Istana Panda Indonesia. Disini kamu bisa mengajak buah hati untuk bertemu dengan dua ekor panda yang diimpor langsung dari Negeri Tirai Bambu. Bahkan konsep wahana ini dibuat semirip mungkin dengan suasana di Cina.

Tapi jangan lupa untuk membina si buah hati untuk memperlakukan hewan-hewan di Taman Safari ini dengan baik, ya. 

Taman Safari Bogor berlokasi di Jalan Kapten Harun Kabir Nomor 742, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor. 

3. The Ranch Cisarua

wisata Bogor untuk anak-anak
The Ranch Cisarua (Sumber: Hipwee)

Kamu ingin merasakan pengalaman menjadi koboi dalam sehari? Atau kamu tertarik mengajak si buah hati untuk menikmati suasana pedesaan seperti di Eropa? The Ranch Cisarua bisa jadi pilihan tempat wisata untuk keluargamu.

Di tempat ini si kecil bisa berubah menjadi koboi dalam sehari. Lengkap dengan pakaian yang disediakan, anak-anak diajak berkeliling sambil menunggang kuda. Tentu saja ini membawa sensasi tersendiri untuk anak.

Tak hanya menunggang kuda, anak-anak juga bisa mencoba wahana panahan untuk melatih nyala anak menjadi lebih berani.

Kalau tidak tertarik dengan aktivitas sporty seperti menunggang kuda dan panahan, kamu juga bisa mengunjungi rumah hobbit, rumah kelinci, dan hewan lain seperti anak sapi dan domba. Tapi ingat, jangan lupa untuk mengajarkan si kecil untuk memperlakukan hewan-hewan ini dengan baik ya.

Bertempat di Jalan Raya Puncak KM 77,5, Cisarua, Bogor, kamu bisa membeli tiket masuk hanya seharga Rp20.000. Tiket masuk ini bisa kamu tukarkan dengan dengan susu atau makanan yang ada di resto The Ranch Cisarua, lho.

4. Eco Art Park Sentul, wisata Bogor untuk anak-anak yang edukatif

wisata Bogor untuk anak-anak
Eco Art Park Sentul (Sumber: Pintu Wisata)

Meski tempat wisata yang satu ini tidak begitu besar, namun di dalamnya ada keunikan yang bisa dinikmati oleh putra-putrimu. Lokasinya ada di tepi Sungai Cikeas dan berdekatan dengan Bellanova Mall.

Ada dua taman yang dimiliki Eco Art Park: Sculpture Garden dan juga Science Garden. Sesuai dengan namanya, Sculpture Garden merupakan taman yang berisi berbagai jenis patung yang terbuat dari onderdil mobil yang sudah tidak terpakai juga tanah liat. Sedangkan Science Garden berisi hal-hal unik dan menarik mengenai ilmu pengetahuan.

Disini kamu juga bisa menaiki perahu untuk mengarungi sungai sambil menikmati keindahan taman bersama buah hati. 

5. Taman Wisata Matahari

wisata Bogor untuk anak-anak
Taman Wisata Matahari (Sumber: Penginapan.net)

Wisata Bogor untuk anak-anak yang satu ini seperti satu paket lengkap yang di dalamnya terkemas wisata alam pegunungan yang asri, wisata edukasi, wisata petualangan, hingga wisata air. Ya, Taman Wisata Matahari namanya. 

Lokasinya di Jalan Raya Puncak KM 77, Cilember, Cisarua, Kabupaten Bogor. Disini kamu bisa menikmati keindahan alam dengan mengarungi sungai menggunakan perahu karet yang mengajakmu berkeliling. Terdapat banyak spot foto yang keren di seluruh penjuru tempat ini.

Kalau ingin mencoba berbagai permainan lain juga ada, lho. Ada arum jeram, waterpark, bola air mengapung, flying fox. Si kecil juga bisa diajak belajar bercocok tanam di wahana agro sawah dan agro sayur.

Selain menambah edukasi dalam bercocok tanam, mereka juga bisa saling berkenalan dan berinteraksi dengan anak lain seusia mereka.

Kamu tertarik mengajak si kecil ke tempat ini?

6. Marcopolo Water Adventure

wisata Bogor untuk anak-anak
Marcopolo Water Adventure (Sumber: Metropolitan.id)

Sudah bukan hal baru lagi kalau anak-anak menyukai permainan basah-basahan. Marcopolo Water Adventure bisa jadi pilihan tempat wisata yang cocok untuk si kecil. Tempat ini berada di Bukit Cimanggu City, Jalan Raya KH. Soleh Iskandar Nomor 1.

Luas tempat ini sekitar 5 hektar, di dalamnya terdapat berbagai macam jenis kolam dengan petualangannya masing-masing.

Tempat ini seakan mengajak anak-anak berfantasi dengan dunianya sendiri lantaran terdapat banyak patung-patung seperti patung Sang Dewa Laut, Neptunus, bersama pengawal-pengawalnya: gurita, ikan paus, penyu, kuda laut, pinguin, serta kodok.

Kamu dan si buah hati bisa merasakan serunya meluncur di waterboom, melawan arus di kolam arus, bertualang di dalam gua bawah air, dan banyak lagi arena menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat