Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu daerah saat berlibur namun tidak mencoba kuliner yang ada di daerah tersebut. Kalau kamu berencana liburan ke Bogor dengan budget yang minimal tapi masih ingin mencoba kuliner Bogor murah, maka artikel ini cocok untuk kamu simak! 

Di bawah ini ada 5 rekomendasi kuliner Bogor murah yang enak dan legendaris yang patut kamu coba. Range harganya bahkan tidak melebihi Rp50.000, lho!

1. Sarapan pagi dengan hidangan “Cungkring”

kuliner bogor murah
Cungkring (Sumber: ayobogor.com)

Jangan khawatir kalau kamu dilanda kelaparan di pagi hari saat berada di Kota Bogor. Langsung saja meluncur ke Jalan Suryakencana dan kamu akan menemukan berbagai sarapan di salah satu sentra kuliner di kota ini.

Salah satu yang unik dan merupakan kuliner Bogor murah adalah Cungkring, kuliner semacam sate yang terbuat dari olahan kikil dan bagian kepala sapi.

Dimasak dengan bumbu kuning yang khas lalu disiram dengan bumbu kacang, kuliner yang satu ini menggugah selera bagi yang menyantapnya dari suapan pertama. Bisa juga dinikmati dengan lontong dan tempe goreng tepung untuk menambah kenikmatan.

Cungkring dijual setiap hari di kaki lima sepanjang Jalan Suryakencana, bisa kamu nikmati dari jam 07.00 hingga 10.00 pagi. 

2. Bapatong, Bakso Kupat Gentong yang menjadi incaran para pecinta kuliner

kuliner bogor murah
Bakso Kupat Gentong (Sumber: makanmakan.com)

Para pecinta bakso wajib mencoba hidangan bakso yang satu ini! Selain unik, rasanya nikmat dan dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Bapatong adalah singkatan dari “Bakso Kupat Gentong” yang berisi potongan ketupat dan iga sapi berbentuk dadu di setiap mangkoknya. Disiram dengan kuah kaldu sapi juga dilengkapi dengan bihun, mie kuning dan pangsit membuat kuliner murah Bogor yang satu ini terasa nikmat di lidah.

Pasangan yang cocok untuk menyantap Bapatong adalah Es Dower, apalagi kalau kamu menyantapnya pada siang hari. Es Dower terbuat dari santan kelapa beku ditambah dengan irisan buah dan agar-agar yang membawa kesegaran pada kerongkonganmu dalam satu kali teguk. 

Langsung saja kunjungi kedai Bapatong di Jalan Pangrango Nomor 1 untuk memenuhi santapan mantap hari ini. Cukup mengeluarkan rupiah dari Rp15.000-Rp20.000 saja kamu sudah bisa menikmati kelezatan Bapatong yang menjadi incaran para pecinta kuliner sejak dulu.

3. Laksa Bogor, salah satu ikon kuliner Indonesia

kuliner bogor murah
Laksa Bogor (Sumber: reseponline.info)

Hidangan kuliner murah Bogor yang satu ini terbuat dari ketupat, toge, soun, telur, oncom bereum, dan wangi yang khas dari daun kemangi. Campuran isian itu kemudian diguyur dengan kuah santan yang nendang rasanya.

Kuliner ini sangat mudah didapatkan di Bogor. Namun yang terkenal memiliki kenikmatan yang nendang berada di Taman Surya Kencana. Harga Laksa Bogor hanya Rp6.000/porsi saja.

Tidak hanya nikmat dan murah, Laksa Bogor juga mendapat predikat sebagai salah satu dari 30 ikon kuliner Indonesia oleh Kemenparekraf, lho!

4. Asinan jagung bakar yang unik nan menggoda

kuliner bogor murah
Asinan jagung bakar (Sumber: ksmtour.com)

Asinan buah maupun sayur sudah menjadi kuliner yang biasa di Bogor, namun bagaimana dengan asinan jagung bakar?

Campuran rasa segar dan manis akan kamu dapatkan ketika menyantap jajanan yang satu ini. Ditambah dengan kerupuk mie yang terbuat dari tepung terigu yang melengkapi santapan ini dengan sensasi kriuk.

Dipelopori oleh Pak Sabur sejak tahun 1968, asinan jagung bakar memiliki ciri khas karena menggunakan cuka buatan sendiri yang terbuat dari fermentasi aren.

Cukup merogoh kocek Rp12.500 dan Rp7.000 untuk kerupuk mie ukuran besar, kamu sudah bisa menikmati kuliner unik ini. Cukup terjangkau, bukan?

5. Toge Goreng Mang Gebro, kuliner murah Bogor yang melegenda

kuliner bogor murah
Toge Goreng Mang Gebro (Sumber: reddroorz)

Warga lokal mungkin sudah terbiasa dengan kuliner ini, namun bagi kamu wisatawan pecinta kuliner patut mencoba Toge Goreng Mang Gebro yang sudah jadi kuliner legendaris sejak tahun 1967.

Lokasi Toge Goreng Mang Gebro ada di Pasar Anyar, Jalan Pengadilan. Cita rasa manis dan gurih ditawarkan pada setiap suapan Toge Goreng.

Cukup membayar Rp10.000 saja kamu sudah bisa melahap kenikmatan Toge Goreng yang dilumuri bumbu khas ala Mang Gebro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan?