Keju sudah ada sejak lama dan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia diberbagai negara termasuk di Indonesia. Rasa asin serta gurihnya yang sangat khas mampu memikat hati banyak orang. Selain itu banyak yang menyukai karena aroma khas keju yang mampu mengugah selera makan. Tapi tahukah #lapismania bahwa keju itu banyak jenisnya lho. Mau tahu apa saja sih keju yang popular di dunia termasuk di Indonesia, yuk simak di bawah ini:

  1. Keju Parmesan

Keju yang satu ini asalnya dari Italia dan cirinya khasnya memiliki lubang-lubang kecil pada setiap bagiannya. Keju ini biasanya digunakan untuk membuat Pizza atau Spaghetti dan sering juga dipakai sebagai topping pada kue kering.

  1. Keju Cheddar

Cheddar merupakan keju yang cukup popular di dunia yang berasal dari Inggris. Umumnya Keju Cheddar digunakan untuk bahan utama pembuatan berbagai macam kue. Dibandingkan keju jenis lainnya, keju Cheddar terkenal memiliki tekstur yang relatif keras dan berwarna kuning pucat ini paling mudah dijumpai termasuk di Indonesia serta paling banyak digunakan dalam berbagai jenis makanan.

  1. Keju Mozzarella

Awalnya Mozzarella dibuat dari susu kerbau, namun karena susu kerbau semakin langka akhirnya keju ini dibuat menggunakan susu sapi. Di Indonesia sendiri Keju Mozzarella banyak digunakan untuk topping Pizza. Selain nikmat, Keju Mozzarella juga rendah lemak dan bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Keju Edam

Keju yang identik dengan bungkus berwarna merah dan menyerupai buah apel ini memiliki tekstur yang keras. Keju Edam sendiri berasal dari Belanda, dan sering digunakan sebagai bahan tambahan makanan atau taburan pada kue kering. Keju Edam memiliki tekstur yang keras, kering sehingga mudah untuk diiris dan diparut.

  1. Keju Stilton

Stilton memiliki tekstur, aroma dan tampilan unik. Keju yang sudah ada ratusan tahun lalu ini berasal dari Inggris. Keju Stilton memiliki corak biru yang sangat khas, warna tersebut dihasilkan dari bakteri yang membantu pada saat proses pembuatan keju.

  1. Keju Chevre

Berbeda dengan keju-keju lain yang berasal dari susu sapi, Keju Chevre dibuat dari bahan dasar susu kambing yang telah difermentasikan. Keju ini berasal dari Perancis dan memiliki rasa yang sedikit asam. Biasanya keju ini digunakan sebagai bahan isian pada roti, seperti Sandwich atau Crumbled Salad.

  1. Keju Emmental

Emmental merupakan keju yang berasal dari Swiss yang memiliki tekstur berlubang -lubang dengan cita rasa yang gurih namun tidak terlalu asin. Keju Emmental ini mudah sekali meleleh, dan biasanya digunakan untuk membuat Kaserol atau Cheese Burger.