Sudahkah kalian hidup hemat hari ini? Hidup hemat memang mudah diucapkan tetapi tidak untuk dipraktikkan. Banyak orang berkeinginan hidup hemat dengan menekan pengeluaran bulanan, tetapi godaan selalu datang menghampiri sehingga tak jarang keluar biaya untuk sesuatu tak penting.

Supaya tidak boros dan bisa hidup hemat, ada beberapa Tipsnya lho lapis mania. Berikut adalah Tips agar terhindar dari hidup yang boros.

  1. Disipilin Mengatur uang

Mengatur keuangan itu tidak sulit. Kunci utamanya ialah disiplin mengatur uang. Disiplinlah mengatur uang dengan cara sederhana seperti berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Lalu, disiplinlah juga untuk menabung dan berinvestasi  untuk persiapan kebutuhan keuangan masa depan Anda.

  1. Catat Pengeluaran Secara Berkala

Catat semua pengeluaran harian, atau per minggunya selama sebulan. Lakukan analisa sederhana terhadap pengeluaran bulanan kalian. Beri tanda untuk pengeluaran yang wajib, tidak wajib, dan pelengkap. Evaluasi kembali untuk pengeluaran yang bisa kalian tekan, atau hemat. Menekan pengeluaran bulanan merupakan salah satu cara paling efektif menghemat uang.

  1. Siapkan Rekening Alternatif

Tahukah kalian manfaat dari rekening alternatif? Memiliki rekening tabungan alternatif bisa membantu untuk berhemat dan mengatur uang lebih baik. Tipsnya, lupakan kalau kalian memiliki uang berlebih di rekening alternatif agar uang yang ditabung tidak habis terkuras oleh keinginan berbelanja diluar kebutuhan. Uang di rekening alternatif ini hanya boleh untuk membiayai kebutuhan mendesak atau darurat.

  1. Lawan Kebiasaan Boros

Semua orang pasti memiliki kebiasaan buruk, misalnya tidak bisa mengatur keuangan dan boros. Kebiasaan buruk ini berdampak negatif pada keuangan kalian. Coba pahami dan kenali diri sendiri apa saja kebiasaan buruk yang membuat klaian boros? Misalnya, hobi nongkrong di kafe, doyan belanja online untuk barang-barang yang tidak perlu. Lalu, temukan cara untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut secara bertahap, seperti kurangi intensitas nongkrong di kafe, kurangi belanja online untuk barang yang kurang bermanfaat dan tidak diperlukan. Ganti dengan kebiasaan positif seperti membeli reksadana dan berinvestasi.

  1. Hindari Persaingan Gaya Hidup

Stop bersikap boros dan gengsi. Hindari membeli di luar kemampuan keuangan kalian. Gaya hidup hemat saat berbelanja juga perlu diterapkan lho. Belilah produk yang memang dibutuhkan atau mampu membelinya. Jangan tergoda dengan iklan, apalagi sampai berutang menggunakan kartu kredit.

  1. Jaga Kesehatan

Pepatah bilang lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik sehat daripada sakit, sakit itu mahal biayanya. Oleh sebab itu, mulai hari ini, lebih baik menjaga kesehatan. Caranya dengan menjaga makan, perbanyak minum air putih, dan makan buah dan sayur-sayuran, kurangi jajanan tidak sehat, seimbangkan dengan olahraga secara teratur.

Nah itulah tips agar kalian terhindar dari hidup boros. Berhemat itu sangat mudah dilakukan dilakukan lho lapis mania, kuncinya adalah berhemat dari hal-hal kecil, dan mulailah hari ini. Upayakan untuk berfokus pada hal baik dan berfokus untuk berbelanja sesuai kebutuhan, dan mengelola keuangan dengan baik.