Halo lapismania sekarang lagi tanggal muda nih, pasti uang gajian masih banyak. Tapi masih ada orang-orang yang bingung untuk mengatur uang gajiannya atau mengalami kesulitan untuk mengatur uang bulanannya. Sekarang tidak perlu bingung atau kesulitan lagi untuk mengatur uang gaji bulanan kalian karena ada tips dan triknya lho.

Pertama kalian harus membuat anggaran bulanan. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.

Kedua segera bayar tagihan dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat kalian lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Ketiga sisihkan uang untuk tabungan karena hal ini sangat berguna untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting untuk kalian.

Keempat bijakalah dalam penggunaan kartu kredit kalian jangan sampai sembarangan menggunakannya dan malah menimbulkan sifat boros pada diri kalian.

Kelima lakukan lah investasi karena hal ini sangat berguna dimasa yang akan datang. Gunakan uang lebih tersebut untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.