Siapa yang tidak menyukai budaya dan keindahan alam di Jepang. Hampir dirasa semua orang suka dengan suasana keindahan alam Jepang. Dan begitu pula lah keadaan suasana di Kebun Raya Cibodas, Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Cianjur ibarat berada di negeri matahari terbit. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati keindahan Sakura. Di Kebun Raya Cibodas, kita bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953. Terdapat sekitar 435 pohon bunga Sakura yang dapat kamu temukan di taman ini. Oya, Taman Sakura ini juga termasuk tempat wisata di Bogor yang indah dan bagus untuk prewedding.

Sungguh pemandangan yang indah ketika bunga sakura mekar. Apalagi jika kamu datang bersama pasangan, romantis banget. Berpose berdua dengan latar bunga Sakura yang berwarna pink dengan taman hijau yang luas, membuat seolah-olah dunia milik berdua.

Namun, untuk menjumpai bunga Sakura yang sedang mekar, kamu harus hafal jadwal mekarnya. Hal ini karena bunga ini hanya mekar 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Di tempat itu, ditanam empat jenis bunga Sakura, yaitu Prunus Cerasoides, Prunus Lannesiana, Prunus Yedoensis, dan Prunus Jamasakura. Jenis Prunus Cerasoides dapat berbunga dua kali dalam setahun, yaitu Januari-Februari dan Agustus-September. Pihak Kebun Raya Cibodas masih mempelajari siklus bermekarannya bunga asal Jepang itu.

Januari-Februari dan Agustus-September tepat buat berwisata disini, sebab, saat ini bunga sakura (Prunus cerocoides) sedang bermekaran, menebarkan warna merah muda di pucuk-pucuk pohon yang ditanam di Taman Sakura. Ada baiknya kamu tidak menunda-nunda waktu berkunjung ke obyek wisata alam ini. Sebab, bunga sakura yang tengah bermekaran itu diperkirakan hanya akan bertahan sampai dua pekan ke depan.

 

Sekarang Taman Sakura sudah tertata indah, di dasar lembah terdapat sungai kecil, mengalir air dari pegunungan yang jernih dan dingin. Di sisi dan badan sungai dipasangi batu alam membentuk jeram-jeram dan air terjun yang sangat menarik.

Para pelancong dapat berjalan di jalan setapak, menyeberangi sungai melalui jembatan-jembatan kecil yang artistik, sambil menikmati sakura bermekaran. Sudah banyak warga Jepang, Korea, dan lainnya berdatangan melihat bunga sakura di Indonesia, yang dapat berkembang dua kali setahun.

Selain Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas juga menyajikan padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman langka, taman lumut yang unik, kolam, sungai, air terjun, air mancur, dan rumah kaca.

Lokasi dan alamat Kebun Raya Cibodas terletak di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Ayo mampir kesini jika kamu datang ke Bogor.