Berlibur sejenak untuk menghilangkan kepenantan dari rutinitas sehari-hari memang dambaaan banyak orang. Oleh sebab itu saat weekend ataupun liburan panjang datang merupakan waktu yang ditunggu baik oleh para pekerja maupun anak sekolah. Namun banyak hal yang mesti diperhitungkan saat mempersiapkan liburan salah satunya barang-barang penting yang mesti dibawa. Kadang karena terlalu senangnya memimpikan indahnya liburan membuat kita melupakan barang penting apa yang mesti dibawa. Memang sih terasa sepele tapi barang-barang ini amat berguna dan dibutuhkan saat pergi liburan. Nah apa aja sih barang yang mesti bawa saat liburan, simak di bawah ini:

  1. Pakaian ganti

Pakaian ganti tentunya hal yang utama mesti dibawa untuk mengganti baju, celana atau pakaian dalam yang kotor atau basah saat aktivitas liburan. Tentunya kurang nyaman pastinya kalau saat kita pulang liburan menggunakan baju yang kotor ataupun basah.

  1. Peralatan mandi

Sama halnya seperti pakaian ganti, peralatan mandi berguna untuk membersihkan tubuh setelah selesai beraktivitas di tempat liburan. Meskipun tempat menginap Anda menyediakan peralatan mandi, belum tentu kan sesuai dengan produk yang sering digunakan.

  1. Obat-obatan ringan

Gangguan kesehatan memang tidak dikehendaki saat liburan, tapi alangkah lebih baik kita mengantisipasinya dengan membawa obat-obatan ringan. Obat seperti Paracetamol, obat mabuk kendaraan, dan obat alergi bisa dijadikan pilihan obat yang dibawa saat liburan.

  1. Kamera

Hal yang penting saat liburan salah satunya adalah mengabadikan momen-momen seru yang terjadi. Kamera yang digunakan bisa bermacam-macam, dari DSLR, Mirorless, Kamera Pocket atau pun menggunakan kamera Smartphone yang saat ini sudah canggih.

  1. Charger/Power bank

Charger atau Power bank salah satu barang wajib yang dibawa saat liburan. Apalah artinya Smartphone bila tidak aktif, hal ini membuat Anda tidak bisa terkoneksi dengan siapa pun. Misalnya mencari tempat makan di lokasi liburan atau mencari alternatif jalan ke tempat tujuan wisata. Atau untuk sekedar mengupload momen seru liburan Anda di media sosial untuk dipamerkan ke teman-teman akan menjadi sulit bila Smartphone yang kehabisan baterai.

  1. Dokumen penting

Lupa membawa dokumen penting pribadi juga kerap menjadi kendala saat liburan. KTP, STNK maupun Paspor adalah dokumen wajib yang mesti dibawa saat liuran. Selain untuk menunjukan data diri juga berfungsi sebagai reservasi hotel untuk menginap.