Lapismania pernah nonton film AADC 2? Kalau iya, pasti tau kan sama salah satu adegan romantis ketika Rangga sama Cinta nonton teater drama boneka papermoon yang menggemaskan itu? Kalo adegan itu mah pasti lapismania inget pisan ya pastinya. Soalna adegana teh romantis pisan euy hehehe.

Tapi tahukah lapismania siapa sang kreator hebat yang ada di balik teater boneka papermoon? Nah, beliau adalah Maria Tri Sulistiyani atau yang lebih dikenal sebagai Ria Pappermoon lapismania, sang pencipta boneka-boneka berbentuk manusia dengan alur cerita yang menguras perasaan.

Wanita kelahiran Jakarta ini tidak berasal dari keluarga seniman lho. Namun kecintaannya akan seni mulai muncul ketia beliau mulai bergabung bersama kelompok teater di masa kuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Hingga akhirnya  ia lulus dan mendirikan sanggar untuk anak-anak yang diberi nama Papermoon.

Beliau ini kreatif tif tif pisan lapismania. Setelah selama 2 tahun sukses mengembangkan teater khusus taman kanak-kanak,  Mbak Ria mulai mengembangkan idenya dengan membuat sebuah inovasi yaitu menggabungkan seni rupa dan seni pertunjukan. Nah, dari sanalah terciptanya Papermoon Puppet Theatre.

Sumber: footscararts

Sumber: footscararts

Tak diduga tak disangka, buanyak banget yang suka sama seni kontemporer ciptaan mbak Ria ini lho. Meskipun adegannya tanpa dialog, namun di tangan dingin Mbak Ria, karya tersebut bisa dinikmati secara visual maupun emosional. Musik dan tata pencahayaan pun jadi komposisi pertunjukan yang super ciamik.

Karena keunikannya, teater pappermoon pun banyak dipentaskan di berbagai negara di belahan dunia seperti India, Jepang, Amerika Serikat, Korea, Malaysia dan Inggris. Wah, asik pisan bisa jalan-jalan sambil kerja ya mbak ria? Hehehe

Nggak heran ya lapismania kalau Mira Lesmana memasukan pappermoon theatre sebagai salah satu adegan romantis di film AADC 2. Tapi penyanyi Tulus pun tak mau ketinggalan lho. Ia juga menghadirkan boneka papermoon video klip lagu Manusia Kuat. Liat deh, lucu pisan boneka papermoonnya.

Nah, dari mbak Ria kita semua bisa belajar arti konsistensi dalam berkarya nih lapismania. Kalau terus beraksi dan belajar, pasti hasilnya bisa memuaskan. Betul kan? Betul dong.

Semoga menginspirasi seluruh lapismania di seluruh nusantara ya.

Author Admin LBS

More posts by Admin LBS

Leave a Reply