Lapismania pernahkan kalian melihat gambar-gambar yang terpampang dan menghiasi dinding jalan dengan warna yang cerah yang indah dipandang mata? Di dalam dunia seni, gambar-gambar ini dinamakan Mural. Mural sendiri adalah sebuah cara menggambar atau melukis pada media yang besar seperti dinding tembok dan bersifat permanen. Berbeda dengan Grafiti yang lebih menekankan karya pada tulisan dengan menggunakan cat semprot sebagai alatnya, Mural lebih bertemakan objek dengan menggunakan media cat tembok atau cat pewarna lainnya.

Nah bagi kalian warga Kota Bogor, kini bisa menyaksikan indahnya karya Mural dalam satu lokasi yakni di Kampung Pulo Geulis, Babakan Pasar, Bogor Tengah. Karya-karya Mural dengan berbagai tema ini mampu menciptakan sebuah galeri indah di perkampungan yang berada di tengah Sungai Ciliwung ini.

Keindahan kampung ini merupakan hasil dari program CSR dari 101 Hotel dan PT. Propan Raya dalam upaya mewujudkan Kampung Pulo Geulis sebagai destinasi wisata kekinian dan wisata Pluralisme di Bogor. Kenapa plural? Karena tepat di kampung ini juga terdapat Klenteng Phan Ko Bio yang merupakan Klenteng tertua di Kota Bogor.

Mural-mural ini sendiri merupakan buah karya dari para Seniman Mural yang berasal komunitas lokal Bogor yang meliputi Bogor Sketchers, Swappiness dan Raincity Artholic. Dalam mengerjakannya para seniman mengajak serta warga dam komunitas sekitar yang ada untuk turut ambil bagian dalam menggoreskan cat di atas media tembok pemukiman warga. Tak sekedar berkreasi, karya-karya Mural yang dituangkan juga menggambarkan identitas kampung dan ilustrasi yang bersifat edukasi dan menghibur kepada siapa pun yang melihatnya.

Selain menyuguhkan hasil karya seni Mural yang unik serta indah, kampung warna-warni ini juga menawarkan beragam kuliner khas Kota Bogor yang wajib di cicipi seperti Asinan, Kerupuk Jengkol ataupun kuliner unik seperti Bakso Kribo yang hanya ada di Kampung Pulo Geulis.

Author Admin LBS

More posts by Admin LBS

Leave a Reply