Lapismania mungkin tidak semua mengenal siapa itu Profesor Yudi Pawitan yaa. Nah, siapakah dia? Beliau merupakan seoarng ilmuwan lulusan dari Karolinska Institute Stockholm. Karolinska Institute adalah salah satu universitas medis terbaik di muka bumi lho. Wah keren yah lapismania. Inilah biodata dan sejarah hidup dari seorang Yudi Puwitan.

Yudi pawitan dilahirkan di kota hujan Bogor pada tahun 1960. Tumbuh dari keluarga pedagang yang sederhana dimana ayahnya bekerja sebagai pedagang batik dan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Sebagai seorang remaja, Yudi muda telah memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi seorang ilmuwan walau ia masih duduk di bangku SMA Regina Pacis Bogor.

Setamat SMA pada tahun 1977, Yudi muda melanjutkan kuliah di jurusan statistik di Institut Pertanian Bogor, yang saat itu bisa dikatakan memiliki program studi statistik terbaik di Indonesia. Setelah lulus di IPB, Yudi sempat bekerja selama satu tahun di perusahaan swasta. Setelah itu Yudi melajutkan studinya atas dorongan kakanya sendiri.

Singkat cerita, pada tahun 1983, Yudi muda melamar dan diterima di program master di bidang statistik di University of California Davis (UCLA Davis). Setamat dari UCLA Davis, Professor Yudi bekerja sebagai staf pengajar dan riset (Assistant Professor) di bidang Bio-Statistics (Clinical Trials dan Radiology) di University of Washington, Seattle.

Pada tahun 2001 Karolinska Institute di Stockholm membuka lowongan posisi professor di bidang Bio-Statistik, Professor Yudi pun tertarik dan ingin mencoba karier akademis sebagai peneliti di Swedia. Professor Yudi akhirnya bergabung di Department of Medical Epidemiology and Biostatistics, dengan fokus penelitian dalam bidang statistical genetics dan molecular biology yang terkait dengan penelitian kanker.

Author Admin LBS

More posts by Admin LBS

Leave a Reply