Kenapa Bogor disebut Kota Hujan? Karena meskipun kemarau Bogor masih sering dilanda hujan nih #lapismania. Curah hujannya bisa mencapai 23.500 – 4.000 mm pertahun. Tapi kenyataannya Bogor bukanlah Kota yang memiliki curah hujan tertinggi di Indonesia. Lho kok bisa?

Iya! Menurut Climate-Data.Org, wilayah Baturaden Banyumas di Jawa Tengah lah yang memiliki curah hujan tertinggi di Indonesia yaitu 4.280 mm pertahun. Tapi kenapa ya Bogor tetap dijuluki Kota Hujan?

Karena  hal ini sudah dicetuskan sejak puluhan tahun yang lalu. Bogor sejak dulu terkenal dengan hujan yang turun tanpa mengenal waktu. Baik musim kemarau, apalagi di musim hujan. Bahkan ketika Belanda masih menguasai Indonesia, di Bogor pernah turun hujan selama 320 hari dalam setahun lho Lapis Mania.

Namun saat ini intensitas hujan di Bogor tidak sebanyak 10-20 tahun yang lalu. Julukan Kota Hujan sudah melekat dan bukan hanya karena faktor curah hujan, namun nilai histori yang ada di masa lalu.

Selain itu Bogor juga terletak di antara Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango sehingga menghasilkan hujan orografi yang biasa terjadi di wilayah pegunungan. Letak geografis ini juga yang menyebabkan wisata air di Bogor begitu melimpah mulai dari air terjun hingga danau yang membuat tanahnya semakin subur.

Maka tak heran, Bogor sebagai kota Hujan sering menggunakan payung sebagai properti dekorasi kota maupun beragam acara. Payung dianggap bisa mewakili identitas Bogor sebagai kota Hujan. Bahkan Batik Bogor yang tengah naik daun menjadikan motif Hujan Gerimis sebagai motif andalan. Filosofinya adalah bahwa segala sesuatu membutuhkan air.

Dengan begitu, Bogor juga diharapkan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat asli maupun pendatang serta bisa memperoleh berkah setiap harinya.

Jadi kalau main di Bogor harus sedia payung ya Lapis Mania dan pulangnya jangan lupa mampir ke store Lapis Bogor Sangkuriang, ikon oleh-oleh khas Bogor yang semakin hits dari dulu hingga sekarang. Lapis talasnya super lembut dan yang pasti dihujani taburan keju yang melimpah. Yummy!

Ayo pesan Lapis Bogor Sangkuriang ‘Pertama dan Terbesar’ melalui layanan LBS Xpress Free Delivery* 1500-262. Bangga beli yang asli!

*syarat dan ketentuan berlaku