Pernah denger  nama kota Venezia di italia? Ituuloh salah satu kota yang memiliki ciri khas dengan gondola atau perahu sebagai transportasi utamanya. Menyenangkan rasanya bila kita bisa jalan-jalan di kota yang memiliki julukan kota air tersebut. Tapi ngapain juga kita harus jauh – jauh ke Italia kalau di daerah Bogor “Venesia” juga ada. Bogor memang terkenal sebagai salah satu kota wisata favorit di Jawa Barat. Tentunya selain Bandung yah. Di kota ini selain terkenal juga bermacam tempat enak untuk  kuliner, terkenal pula tempat – tempat wisatanya. Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Bogor adalah Puncak. Selain Puncak masih ada satu tempat wisata lagi yang terbilang cukup unik dan sangat sayang untuk dilewatkan, yaitu Little Venice yang terletak di Kota Bunga.  Kota Bunga merupakan suatu kawasan Villa Estate yang dibangun di lahan seluas sekitar 125 Ha. Sedikit berbeda dengan kebanyakan wisata di Bogor, tempat wisata satu ini mengusung konsep yang cukup unik, Kota Bunga menawarkan sebuah tempat dengan suasana dan pemandangan mirip dengan kota di luar negeri yaitu Venesia di Italia, karena saking miripnya, objek wisata ini juga disebut dengan nama Little Venice Bogor atau “Miniatur Kota Venesia”. Kota Bunga Little Venice menawarkan sebuah sensasi wisata yang sangat menyenangkan, di kawasan ini kita bisa melihat beraneka ragam bangunan dengan arsitektur mirip di Kota Venesia.

Bukan hanya mengusung konsep “miniatur” Venice saja, melainkan juga terdapat miniatur kota lain di Eropa, Asia hingga miniatur Dufan (Dunia Fantasi) yang ada di Jakarta. Sebenarnya kawasan Kota Bunga Little Venice ini merupakan sebuah tempat penginapan, namun karena kunikannya tersebut, lokasi ini juga sering dijadikan sebagai tempat wisata. Beberapa wahana yang bisa di coba di kawasan Little Venice, seperti perahu, kapal, sepeda air, banana boat, gondola, buble ball, rubber boat dan kapal missisipi. Seru yah! Dari beberapa wahana tersebut, gondola merupakan wahana paling favorit bagi wisatawan karena membuat kita seakan sedang berada di Venesia yang memiliki transportasi utama berupa gondola, selama kurang lebih 15 menit kita akan diajak berkeliling dengan menggunakan gondola tersebut, sepanjang perjalanan kita bisa melihat kerennya arsitektur bangunan yang membuat suasana kian romantis.

Selain miniatur kota luar negeri yang menjadi lokasi favorit wisatawan, Kota Bunga Little Venice Cipanas ini juga menyediakan miniatur Dufan di Arena Fantasi dengan mengusung konsep koboi ala Amerika. Selain sebagai tempat wisata dan penginapan, Little Venice juga cocok dikunjungi bagi pecinta fotografi, arsitektur bangunan yang unik dari berbagai negara layak kamu abadikan kedalam kameramu, jadi tak perlu jauh-jauh keluar negeri untuk mendapatkan foto keren.

Setiap harinya, terutama di akhir pekan, Little Venice Bogor selalu ramai oleh pengunjung, bukan hanya yang ingin menginap saja, melainkan juga orang-orang yang penasaran dengan keindahan arsitektur bangunan dikawasan tersebut.

Namun, sesuai namanya, “little”, kawasan wisata ini terbilang cukup kecil, jadi bagi kamu yang ingin berfoto ria di spot-spot keren harus antre dengan pengunjung lainnya, walaupun begitu, pengunjung tetap antusias untuk menunggu gilirannya. Ayo ke Bogor!