Beberapa hari belakang, atau bahkan beberapa minggu belakangan ini Bogor memang terus dicurahi hujan. Memasuki bulan Januari sampai di Februari ini tingkat curah hujan di kota Bogor memang meningkat tajam. Konon, katanya juga karena mitosnya imlek yang membuat hujan terus menerus. Dan bahkan tidak dikenal waktu. Bisa pagi dini hari, bisa saat siang hari bolong tiba – tiba cuaca berubah menjadi mendung dan kemudian hujan. Sudah menjadi rahasia umum jikalau Bogor dikenal sebagai kota hujan. Nama lain dari kota Bogor sebagai kota hujan tersebut sudah melekat  sejak zaman dahulu dan sepertinya masih akan terus melekat sepanjang jaman.

Tetapi, sebetulnya bahwa curah hujan di Bogor bukanlah yang tertinggi di dunia. Bahkan bukan pula yang tertinggi di Indonesia. Daily Telegraph, sebuah harian terkenal di England, ada 10 tempat dimana curah hujannya jauh lebih tinggi dari Bogor.

Ada 10 tempat yang bisa disebut terbasah di dunia itu adalah

india

  • Mawsynram, Menghalaya, India – curah hujan tahunan 11.871 mmcherrapunji-meghalaya-india
  • Cherrapunji, Meghalaya, India – curah hujan tahunan 11.777 mmbig-bog
  • Tutendo, Kolombia, Amerika Selatan – curah hujan tahunan 11.770 mmkcropp-river-768x430
  • Cropp River, Selandia Baru – curah hujan tahuan 11.516 mmsan-antonio-de-ureca
  • San Antonio de Ureca, Pulau Bioko, Guinea Ekuatorial – curah hujan tahuan 10.450 mmcamero
  • Debundscha, Kamerun, Afrika – curah hujan tahunan 10.299 mmbig-bog
  • Big Bog, Maui, Hawaii – curah hujan tahunan 10.272 mmmt-haewi
  • Gunung Waialeale, Kauai, Hawaii – curah hujan tahunan 9.763 mmkukui
  • Kukui, Maui, Hawaii – curah hujan tahunan 9.293 mmemei-scan
  • Emei Schan, Propinsi Sichuan, Tiongkok – curah hujan tahunan 8.169 mm

(Sumber : The top 10 wettest places on earth)

 

Terus kalau begitu berapakah  curah hujan di Bogor rata-rata setiap tahunnya?  Menurut website pemerintah Kota Bogor, menjelaskan bahwa Kota Bogor curah hujannya hanya sekitar 3.500 hingga 4.000 meter saja.

Lalu untuk temapat di Indonesia kalau Bogor bukanlah daerah dengan curah hujan tertinggi, Dimanakah yang lebih tinggi lagi? Baturaden adalah wilayah yang diguyur hujan paling tinggi. Menurut Climate-Data.Org, Baturaden memiliki curah hujan rata-rata tahunan 4.280 mm. Jauh di atas Bogor. (Sumber : Iklim Baturaden)

Lalu kalau begitu terus mengapa Bogor dijuluki Kota Hujan?  Nama Kota Hujan ini melekat karena sejarah mencatat kebiasaan hujan turun di kota ini tidak mengenal waktu. Entah musim hujan atau musim kemarau, hujan akan turun.

Di masa lalu, jaman penjajahan Belanda di Indonesia, tercatat pernah hujan turun selama 320 hari alias hampir sepanjang tahun, atau hanya sekitar 45 hari tidak hujan dalam satu tahun. Jadi, kemungkinan besar dari situlah kenapa Kota Bogor dijuluki sebagai kota hujan.

Author admin

More posts by admin

Leave a Reply